Dark/Light Mode

LK II Resmi Ditutup, HMI Jakarta Raya Jadi Pelopor Indonesia Emas 2045

Rabu, 15 Februari 2023 11:29 WIB
Pelatihan kader LK II HMI Jakarta Raya di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata Depok Jawa Barat,, yang berlangsung 6-12 Februari 2023..
Pelatihan kader LK II HMI Jakarta Raya di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata Depok Jawa Barat,, yang berlangsung 6-12 Februari 2023..

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendidikan Training Raya Tingkat Nasional (LK II, LKK, SC) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta Raya resmi ditutup pada Minggu (12/2). 

Training Jakarta Raya yang dilaksanakan di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata Depok Jawa Barat, ini menghasilkan 16 rekomendasi kebijakan untuk membantu Pemerintah menuju Indonesia Emas 2045

Training Raya yang diikuti 130 kader hijau dari Barat sampai Timur Indonesia dengan tema “Iktiar HMI dalam Membentuk Insan Cita menuju Indonesia Emas 2045” diharapkan dapat melahirkan pemimpin Indonesia hebat di masa yang akan datang. 

Baca juga : HUT Ke 76, HMI Jakarta Raya Siap Cetak Kader Emas Di 2045

Ketua Umum HMI Cabang Jakarta Raya, Hanifiansyah mengatakan, pelaksanaan Training Raya terbagi menjadi tiga forum training dengan metode training yang difokuskan kepada pengembangan Life Skills, Learning Skills, dan Literacy Skills. Di antaranya, Senior Course yang bertujuan untuk mencetak Instruktur Trainer yang memiliki mentalitas pembelajar agar dalam mengelola atau mengisi Training HMI mampu menyampaikan materi keilmuan dengan wawasan luas, mendalam dan relevan dengan zaman.

Selain itu, ada Latihan Khusus Kohati (LKK). Latihan pendidikan ini untuk mewujudkan muslimah berkualitas insan cita. 

“Muatan materinya mulai dari studi gender, psikologi perempuan dan peran serta perempuan dalam ruang publik,” terang Hanif dalam keterangannya, Kamis (15/2) 

Baca juga : Resmi Dilantik, Srikandi Donor Darah Indonesia Bantu Edukasi Masyarakat

Kemudian agenda terbesar Training Raya ini adalah Intermediate Training LK II. Training ini bertujuan untuk menciptakan kader yang memiliki kemampuan Intelektual guna  memetakan peradaban dan memformulasikan gagasan dalam lingkup organisasi. 

“Training diikuti 68 peserta dari 36 cabang yang ada di 19 Provinsi. Peserta yang hadir dari ujung Barat hingga Ujung Timur Indonesia dengan Proporsi lebih dari 50% Provinsi yang ada di Indonesia, hadir ke Pusat Ibu kota untuk menjadi kader terbaik bangsa,” ujarnya.

Koordinator Master of Training LK II HMI Cabang Jakarta Raya, Sa’ad Fatsey menyampaikan, ada enam belas rekomedasi kebijakan HMI Jakarta Raya yang hasilkan dari pelaksanaan LK II yang berlangsung pada tanggal 6–12 Februari 2023.  Kebijakan ini adalah buah pikiran peserta Intermediate Training yang dituangkan dalam bentuk karya intelektual dengan judul ‘Era Cita Indonesia’. Rekomendasi kebijakam ini ditujukan untuk membantu Pemerintah menuju Indonesia Emas pada 2045.  

Baca juga : PERTASPI Siap Membantu Bisnis Tata Rias Semi Permanen di Indonesia

“Forum training ini sebagai miniatur satu abad Indonesia yang akan menjadi kekuatan di lima dunia. Sehingga dengan komitmen tersebut, maka kami melahirkan suatu naskah berjudul ‘Era Cita Indonesia’ yang berisikan rekomendasi kebijakan kepada Pemerintah untuk membangun Indonesia yang lebih hebat menuju Indonesia Emas 2045,” tandasnya.■ 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.