BREAKING NEWS
 

Survei Trust Indonesia: Ganjar Capres Teratas, Elektabilitas 25,4 Persen

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Selasa, 21 Maret 2023 14:58 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Trust Indonesia merilis hasil survei mengenai elektabilitas calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Hasil survei yang dilakukan pada periode 28 Januari-6 Februari 2023 dengan total 2.200 responden menunjukkan bahwa

Ganjar Pranowo menjadi tokoh teratas dengan elektabilitas sebesar 25,4 persen. Di posisi kedua, menyusul Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 24,0 persen, dan Prabowo Subianto di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 17,9 persen.

Baca juga : Lawan Dewa United, Milla Kecewa Persib Cuma Menang 2-1

Dalam Diskusi Trust Forumbdi Whiz Hotel Cikini, Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal mengatakan, Ganjar Pranowo berhasil unggul di 11 provinsi, sedangkan Anies Baswedan unggul di 16 provinsi.

"Ganjar unggul di sebagian besar provinsi Pulau Jawa dan Papua," ungkapnya, Selasa (21/3). 

Azhari juga mengatakan, Pemilu 2024 akan menjadi medan persaingan antara Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Kekuatan elektabilitas keduanya ditentukan pada tokoh capres yang akan mendampinginya.

Baca juga : Survei LSP: Elektabilitas Prabowo Semakin Meningkat

"Kemenangan kedua kandidat ini akan ditentukan oleh ketepatan memilih calon Wakil Presiden yang memiliki sebaran dukungan yang kuat di seluruh provinsi dan partai politik," tuturnya.

Survei ini dilakukan menggunakan metode multistage sampling dengan toleransi kesalahan +/- 2,09 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Adsense

Dengan demikian, hasil survei ini menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat dalam memilih calon presiden pada Pemilu 2024 yang akan datang.

Baca juga : SP PLN Siap Kawal Program Elektrifikasi 100 Persen Pada 2024

Berikut adalah hasil survei elektabilitas capres 2024 menurut Trust Indonesia:
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense