BREAKING NEWS
 

Menkominfo Kosong, Parpol Koalisi Pada Ngiler

Reporter : BHAYU AJI PRIHARTANTO
Editor : SISWANTO
Senin, 22 Mei 2023 08:00 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Rabu (17/5). (Foto: Dwi Pambudo/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kursi Menkominfo yang ditinggalkan Johnny G Plate kini mulai jadi rebutan. Banyak partai yang ngiler menempatkan kadernya buat menduduki jabatan tersebut. Sementara di dunia maya, justru warganet pada ribut soal calon Menkominfo sebaiknya dari parpol atau non parpol. Siapa yg beruntung, kita tunggu saja!

PDIP jadi salah satu parpol koalisi yang terang-terangan tertarik dengan kursi Menkominfo. Hal itu diutarakan langsung oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto saat menanggapi kursi Menkominfo yang masih kosong.

“Sekiranya diminta, tentu saja partai memiliki kader-kader potensial untuk mengisi jabatan tersebut,” kata Hasto di Gedung Lemhanas, Jakarta, Sabtu (20/5).

Baca juga : Reshuffle Kabinet Rame Lagi

Menurut Hasto, hal tersebut akan terjadi jika Presiden Jokowi melakukan perombakan kabinet. Keputusan itu, kata Hasto, merupakan kewenangan penuh Jokowi sebagai Presiden Indonesia.

Selain dari PDIP, Partai Perindo yang juga bagian dari koalisi pendukung pemerintah juga disebut-sebut ngiler dengan posisi tersebut. Nama Ketum Perindo, Harry Tanoesoedibjo yang masuk bursa calon Menkominfo.

Bahkan bos MNC Group itu sudah dua kali dipanggil Jokowi ke Istana Negara. Namun, saat disinggung apakah pemanggialn tersebut terkait bursa calon Menkominfo, Harry membantahnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Bersihkan Kabinet

Selain dari parpol, muncul juga sejumlah nama dari kalangan non parpol. Pertama, Wishnutama Kusubandio, mantan Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Wishnutama saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Telkomsel dianggap tepat untuk menempati posisi tersebut. Apalagi, sejak di-rehuffle, Wishnu diketahui masih tetap dekat dan membantu Jokowi dalam beberapa hajatan penting kenegaraan.

Nama lainnya juga dijagokan, yakni mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa. Terakhir adalah Rudiantara, eks Menkominfo di era pertama kepemimpinan Jokowi.

Adsense

Lantas kapan Jokowi akan melakukan reshuffle dan menunjuk calon Menkominfo yang baru? Menanggapi itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ade Irfan Pulungan meminta semua pihak bersabar. Menurutnya, Presiden Jokowi tentu akan memilih sosok yang tepat menggantikan posisi Plate jika memang harus melakukan reshuffle.

Baca juga : Menkominfo Tersangka Korupsi, Presiden Jokowi Bersihkan Kabinet

“Kita serahkan sepenuhnya kepada Presiden, karena reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden,” singkat Ketua Mahkamah Partai PPP tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense