Dark/Light Mode

Pilih Cawapres Anies, PKS: Harus Ada Pertemuan Bos Parpol Koalisi Perubahan

Senin, 8 Mei 2023 15:00 WIB
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (Foto: Dok. PKS)
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (Foto: Dok. PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembahasan bakal cawapres untuk Anies Baswedan di Koalisi Perubahan masih panjang. Presiden PKS Ahmad Syaikhu ingin, pemilihan cawapres Anies ini ditentukan dalam pertemuan khusus para bos parpol Koalisi Perubahan. 

"Iya jelas itu harus ada (pertemuan ketum parpol),” kata Syaikhu, di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/5).

Baca juga : Kasih Masukan Soal Cawapres Anies, Luhut Masih Main Rahasia

Dalam pertemuan itu, lanjutnya, bisa diserahkan berbagai nama yang potensial ke Anies untuk dipilih. “Kita serahkan berbagai cawapres yang diusulkan itu ke capresnya, untuk mungkin dari sisi chemistry, dari sisi berpeluang menangnya gimana. Kita akan kaji," tambahnya.

Syaikhu melanjutkan, PKS memiliki berbagai pertimbangan ketika mengajukan nama kandidat bakal cawapres ke Anies. Salah satunya, harus memiliki potensi menyumbang kemenangan yang besar dan memiliki kecocokan dengan Anies.

Baca juga : Berpeluang Jadi Cawapres, Ini Yang Harus Dilakukan Hadi Tjahjanto

"Kalau dari kader sendiri dan potensi menangnya besar, ya kita akan sodorkan ke capresnya," kata dia.

Dia tidak menutup kemungkinan akan menyodorkan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, yang merupakan kader PKS, sebagai salah satu bakal cawapres Anies. "Ya, insya Allah," ucap dia. 

Baca juga : Gus Halim: Kunci Sukses ASN Harus Berakhlak, Adaptif Pada Perubahan Dan Loyal

Sebelumnya, Anies Baswedan telah menyerahkan nama-nama bakal cawapres kepada Tim 8 Koalisi Perubahan. Anies mengatakan, Tim 8 akan membahas sejumlah nama cawapres dari dalam dan tokoh di luar koalisi.

Terdapat sejumlah tokoh yang namanya sempat disebut akan menjadi cawapres Anies. Seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ahmad Heryawan, Khofifah Indar Parawansa, hingga Airlangga Hartarto.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.