BREAKING NEWS
 

AGMARI Ingatkan Pentingnya Tenaga Pemasaran di Industri

Reporter : MERRY APRIYANI
Editor : UJANG SUNDA
Minggu, 8 Maret 2020 23:39 WIB
Pembina AGMARI Kemal Gani (kiri) dan Ketua Pembina AGMARI Dedy Budiman (kanan) dalam perayaan HUT AGMARI sekaligus Simposium Guru Marketing Indonesia, di Jakarta, Jumat (6/3). (Foto: Merry Apriyani/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai salah satu jantung perusahaan, tenaga pemasaran menjadi SDM yang sangat dibutuhkan. Tenaga pemasaran dianggap mampu mendongkrak nilai-nilai strategis untuk keberhasilan perusahaan.

Untuk tenaga pemasaran setingkat lulusan menengah atas, peran lulusan SMK bisa memegang peranan penting. Namun, masalahnya masih banyak lulusan SMK yang kualifikasinya belum sesuai dengan tuntutan yang diminta industri. Berangkat dari persoalan itu, Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI) dibentuk sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia tenaga pemasaran oleh guru-guru SMK dan beberapa pihak lainnya.

Baca juga : Pejalan Kaki dan Pesepeda Bakal Dimanja

"Bukan hanya bentuk kepedulian, namun ini lembaga yang dapat berkontribusi untuk menambah kompetensi, profesionalisme dan wawasan siswa-siswi dan guru-guru marketing. Serta sebagai penyambung antara dunia akademis dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)," ungkap Founder dan Ketua Pembina AGMARI, Dedy Budiman.

Adsense

Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Bahrun, sepakat agar kompetensi keahlian pemasaran harus ditingkatkan. Hal ini bermaksud agar tenaga pemasaran meningkat dan semakin diminati. "Guru-guru pemasaran ini juga harus membuktikan kalau dia memang mempunyai keahlian itu. Sebab, pemasaran merupakan jurusan yang bisa mandiri, karena kompetensi itu sangat dibutuhkan di mana pun," jelas Bahrun.

Baca juga : Toyota Perbanyak Model Mobil Listrik

Pembina AGMARI, Kemal Gani, mengatakan, lulusan SMK sebenarnya didesain siap pakai. Maka, harus dimaksimalkan agar mampu menyerap kebutuhan industri. "Industri mengeluhkan mereka belum siap pakai di dunia usaha. Maka AGMARI menjadi jembatan agar kebutuhan industri dan pendidikan bisa matching," jelasnya.

Demi memenuhi tuntutan dunia industri, AGMARI juga telah menginisiasi SMK Jurusan BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran). Ini lengkap dengan kurikulum akademis serta memfasilitasi kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) siswa-siswi di beberapa perusahaan.

Baca juga : Angkasa Pura II Raih Predikat Industry Leader

Bekerja sama dengan Astra Otoshop, AGMARI juga telah menggelar pelatihan Effective Educational Videos di 13 kota di Indonesia untuk para guru BDP. AGMARI juga telah mengadakan program Company Visit untuk para guru BDP di beberapa perusahaan, antara lain Astra Digital dan PT Videos. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense