BREAKING NEWS
 

ASN Wanita Bersuami Lebih Dari Satu Lagi Tren

Pak Menteri, Pecat Saja Pegawai Yang Poliandri

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Selasa, 1 September 2020 05:43 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Media sosial lagi rame menanggapi isu Aparatur Sipil Negara (ASN) wanita punya suami lebih dari satu.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, selama satu tahun ini sudah menerima lima laporan kasus poliandri.

Untuk memutus kasus tersebut, pihaknya harus berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Nasional dan Kementerian Hukum dan HAM.

“Sekarang yang menjadi tren baru adalah ASN wanita punya suami lebih dari satu. Ini fenomena baru, saya banyak memutuskan perkara ini,” ucapnya.

Tjahjo menegaskan, pihaknya hanya menerima aduan dengan bukti dan fakta-fakta hukum. Dia tegas menolak aduan “katanya.” “Kami tidak mau hanya ‘katanya’, seperti pengaduan dari teman.

Baca juga : Sah, Pertamina dan Chandra Asri Teken Perjanjian Kerja Sama Pengembangan Bisnis Petrokimia Nasional

Jadi harus ada bukti dari suami atau istri. Kalau untuk ASN (pria) yang mau nikah lagi harus ada izin istri tertulis dan izin pimpinan,” tegasnya.

Netizen heboh mendengar banyak ASN wanita punya suami lebih dari satu. “Masa sih dah jadi tren, gak percaya saya. Kalo ada 1 atau 2 kasus bukan berarti tren ASN wanita berpoliandri,” ujar Ergum5.

“Waduh, kok gak ditindak tuh malah terkesan di-support dengan kata “tren baru,” cetus ETirtaatmaja. “Kok bisa menyebut tren... berapa persen kenaikan dari seluruh populasi, kok bisa nyebut jadi tren, lebay nih menteri,” tegas Takanome2019.

Adsense

Hasan49336769 juga tidak setuju poliandri disebut tren baru. “Oh ternyata ini toh, poligami dilarang dan dicaci maki tapi poliandri dibilang ngetren. Negara yang siap ditenggelamkan,” tuturnya.

“Terima kasih infonya bapak menteri yang terhormat. Semoga sejarah mencatat ucapan bapak dan seandainya jadi tren maka orang tau siapa yang membuat tren tersebut muncul,” ungkap Bank_joee.

Baca juga : Syarief  Puas Santri Paham 4 Pilar MPR

Najib10_m meminta Tjahjo bersikap tegas terhadap pelaku poliandri. “Ini kan musibah? Kok tren. Pecat Pak klo terbukti poliandri,” tegasnya. AdriCB8 menegaskan, Islam melarang keras wanita bersuami lebih dari satu.

Dia menegaskan, tidak ada ajaran dalam Islam yang menganjurkan praktik poliandri. “Aneh juga ASN di negeri ini, wanitanya bersuami lebih dari satu dan menjadi TREN,” katanya.

“Betul TABAYYUN dulu, begitu jelas, langsung PECAT kedua-duanya, jika sama-sama ASN!,” ujar Hanifyahyaasya1.

“Masihkan bapak mempekerjakan ASN, orang yang kepada suami dan anak-anaknya saja mereka berani berbohong dan berkhianat? Apalagi cuma ke Bapak sebagai atasannya bisa gampang banget ngebohongnya,” tutur Saifuddeen89.

Arumism berusaha menjelaskan maksud Tjahjo soal ASN wanita bersuami lebih dari satu. Dia bilang, ada kemungkinan itu terjadi karena proses perceraian dengan suami pertama belum tuntas urusan administratifnya.

Baca juga : Menteri Erick Pede Ekonomi Bangkit Lagi

“Tapi sudah menikah lagi dengan yang lain,” katanya. “Bisa jadi, apalagi untuk mengurus proses perceraian bagi ASN butuh waktu yang tidak sebentar dan harus melewati sistem yang tidak sederhana,” sambung Alohomooraaa.

Selain mengungkap ASN wanita poliandri, Menteri Tjahjo juga bicara soal poligami bagi ASN laki-laki. Dia menegaskan, poligami tanpa sepengetahuan istri akan dikenakan sanksi dinonjob-kan atau turun pangkat. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense