Dark/Light Mode

Uji Wawasan Di Pesantren

Syarief  Puas Santri Paham 4 Pilar MPR

Kamis, 20 Agustus 2020 13:05 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan.
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pondok pesantren merupakan tempat pelatihan untuk mencetak warga negara yang baik. Selain menuntut ilmu dunia dan akhirat, di pesantren para santri juga dibekali pengetahuan menjadi pemimpin dan warga negara yang mempunyai tanggung-jawab terhadap bangsa dan negara. 

Hal itu dikatakan Wakil Ketua MPR Syarief Hasan saat Sosialisasi Empat Pilar MPR di Pondok Pesantren Raudhatul Islamiyah, kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/8) malam.

Sosialisasi itu dihadiri Pimpinan Pondok Pesantren Raudhatul Islamiyah, K.H. Achmad Baidhowi, dan diikuti para santri dan santriwati pondok pesantren. 

Baca juga : Beras Jangan Sampai Langka Dan Mahal Ya

"Jadi, sering saya katakan di beberapa kali kesempatan kalau ingin melihat warga negara yang baik, datanglah ke pesantren," katanya.

Dalam sosialisasi ini, Syarief Hasan menguji pengetahuan para santri tentang Empat Pilar MPR. Syarief Hasan bertanya tentang apa Empat Pilar MPR. Pertanyaan iru dijawab para santri dengan benar. Yakni, Empat Pilar MPR adalah Pancasila, UUD  Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu, Wakil Ketua MPR dari Partai Demokrat ini juga menguji pengetahuan tentang Pancasila, dan juga bisa dijawab dengan benar sila-sila Pancasila. 

Politikus dari Partai Demokrat itu mengapresiasi pengetahuan santri tentang Empat Pilar MPR. Hal ini menegaskan bahwa santri memiliki nasionalisme yang tinggi. 

Baca juga : Ini Yang Digali Penyidik Dari Saksi Nurhadi

“Kalau ada yang mengatakan hati-hati terhadap pesantren, maka terbukti bahwa itu tidak benar. Anggapan itu muncul karena mereka tidak pernah datang ke pesantren. Pondok pesantren adalah tempat pelatihan untuk menjadi warga negara yang baik. Sebab, di pesantren para santri menuntut ilmu dunia dan akhirat,” paparnya.

Syarief Hasan mengakui lebih sering mengunjungi pondok pesantren untuk melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR. Sosialisasi Empat Pilar MPR selain memberikan bekal kepada warga negara bagaimana menjadi warga negara yang baik dan bertanggungjawab kepada bangsa dan negara, juga untuk menjadi pemimpin. Pondok pesantren menjadi tempat untuk mencetak pemimpin masa depan. 

“Saya melihat bahwa pondok pesantren menjadi tempat untuk mempersiapkan dan mencetak pemimpin di masa depan. Pondok pesantren mencetak orang-orang yang bertanggungjawab kepada Tuhan, masyarakat, bangsa dan negara. Sehingga bila mendapatkan amanah dan diberikan tanggungjawab oleh negara, maka dia akan menjalankannya dengan baik,” katanya.

Baca juga : BNI Pasarkan KPR Sejahtera Syariah FLPP

Syarief Hasan juga meminta pemerintah untuk memperhatikan pondok pesantren. Sebab, banyak pondok pesantren yang dikelola secara sukarela, mandiri, dan swadaya.

“Di tengah keterbatasan keuangan negara, saya pikir pemerintah juga harus memperhatikan pondok pesantren karena kebanyakan pesantren masih dikelola secara mandiri, sukarela, dan swadaya. Saya kira pemerintah harus memberikan lebih banyak perhatian kepada pesantren,” pungkasnya. (QAR/TIM)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.