BREAKING NEWS
 

Soal Kesembuhan Pasien Corona

Kita Masih Jago Lho...

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : UJANG SUNDA
Jumat, 2 Oktober 2020 06:42 WIB
Koordinator Operasional Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Kolonel CKM dr Stephanus Dony (kiri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus Corona baru di Indonesia memang belum melandai. Angka kematian juga terus bertambah. Namun, di tengah kondisi ini, ada kabar gembira yang menambah optimisme. Jumlah pasien yang sembuh, terus bertambah. Dalam beberapa hari terakhir, pasien yang sembuh kerap mencatatkan rekor di angka 4 ribu orang per hari. Ternyata, untuk kesembuhan pasien, kita masih jago lho.  

Dari data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, kemarin, tercatat ada 4.174 kasus baru. Sehingga total kasus Covid-19 mencapai 291.182 orang. Jumlah pasien yang meninggal bertambah 116 orang sehingga total menjadi 10.856 orang. Namun, pasien yang sembuh juga naik signifikan. Seharian kemarin, sebanyak 3.540 orang pasien dinyatakan sembuh. Sehingga, jumlah pasien sembuh mencapai 218.487 orang. 

Baca juga : PKS: Pencegahan Indonesia, Lemah

Sehari sebelumnya, jumlah pasien yang sembuh juga menggembirakan. Jumlahnya mencapai 4.510 orang. Ini rekor tertinggi sejak awal pandemi Maret lalu. 

Kemarin, penambahan pasien sembuh terbanyak ada di Jakarta. Jumlahnya 1.124 orang. Sehingga totalnya menjadi 61.444 orang. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Jakarta mencapai 81,4 persen. "Tentu ini menggembirakan," kata Widyastuti, dalam diskusi daring, kemarin. 

Baca juga : Ruang Isolasi Pasien Corona Masih Cukup

Meski begitu, kata Widyastuti, Pemprov DKI tidak menyepelekan. Apalagi kasus kematian masih bertambah. Per kemarin, angka kematian masih sebesar 2,3 persen. "Jadi, kalau kita hitung secara absolut tentu 2,3 persen jadi banyak," ujarnya. 

Adsense

Selain itu, rasio positif penularan Covid-19 juga terus menurun. Sepekan terakhir, rasio positif di Ibu Kota mencapai 10,3 persen dari sebelumnya mencapai 12-14 persen. Sedangkan akumulasi rasio positif sejak pandemi berada di angka 7,9 persen. "Di satu sisi optimis bisa sembuh, di lain sisi tetap waspada. Karena kami harapkan positivity rate, kematian turun, dan angka kesembuhan meningkat," ujarnya. 

Baca juga : Jokowi Masih Tegakkan Kepala

Koordinator Operasional Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Kolonel CKM dr Stephanus Dony memberikan kabar baik serupa. Menurutnya, tingkat kesembuhan pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet mencapai 75,1 persen. Saat ini, masih ada 2.370 pasien yang dirawat. Secara keseluruhan, pasien yang sudah dirawat mencapai 13 ribu lebih. Sebanyak 10 ribu sudah pulang dan sembuh. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense