Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Disuruh Presiden Taklukkan Corona Dalam 2 Minggu

Luhut Masih Garap Lahannya Prabowo

Sabtu, 19 September 2020 06:51 WIB
Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: ist)
Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di masa pandemi ini, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan benar-benar sibuk. Selain harus ngurusin investasi dan kemaritiman, dia mendapat tugas maha penting dari Presiden Jokowi: menjinakkan Corona dalam waktu dua pekan. Namun, di saat lagi berjibaku dengan Corona, dia juga masih sempet nanganin urusan senjata yang merupakan lahan garapan Menhan Letjen (Purn) Prabowo Subianto.

Hampir seminggu tugas penurunan kasus Corona di sembilan provinsi diemban Luhut. Kesembilan Provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Utara dan Papua.

Di hari pertama usai ditunjuk Jokowi, Senin (14/9) Luhut langsung mengumpulkan Gubernur. Ada empat Gubernur yang hadir yaitu Gubernur DKI Anies Bas­wedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Kho­fifah­ Indar Parawansa.­

Baca juga : Jenderal Luhut Emang Gak Ada Matinye...

Ada tiga tugas yang diberikan Presiden kepada Menko Kemaritiman dan Investasi itu. Pertama, penurunan kasus harian; kedua, peningkatan recovery rate atau angka kesembuhan dan ketiga, penurunan mortality rate atau angka kematian. “Presiden perintahkan dalam waktu dua minggu,” ucap Luhut, waktu itu.

Di hari kedua, Luhut sarasehan virtual dengan 100 ekonom. Di pertemuan itu, ia kembali bicara hilirasi nikel, baterai lithium dan mobil listrik sebagaimana biasanya.

Lalu bagaimana nasib lima provinsi lain yang juga ditarget Presiden turun kasus Coronanya? Luhut baru mengumpulkan Gubernur dari lima provinsi ini, Rabu (16/9). Selain Gubernur, Kapolda dan Pangdam dari masing-­masing provinsi juga dihadirkan. Di hari itu, Luhut juga masih nyambi ngurusin UMKM.

Baca juga : Kawal Ketat Penanganan Pandemi 9 Provinsi

Setelah empat hari mengemban tugas Corona dari Presiden, Luhut masih bisa ngurusin pesawat tempur yang menjadi Tupoksi Prabowo. Luhut diketahui bertemu dengan pejabat Pentagon James Anderson, Kamis (17/9) lalu.

“Betul mas, diterima di kantor Men­ko Marvest,” kata Juru Bicara Menko Marvest Jodi Mahardi, ketika dikon­firmasi­ Rakyat Merdeka, tadi malam.

Kepada pejabat pertahanan AS itu, Luhut sempat mengutarakan keke­cewaannya. Karena, jet tempur yang dijual ke Indonesia kalah canggih dengan yang dijual ke Singapura. Meskipun di hari itu, Luhut juga masih sempat memimpin Rakor Pengendalian Corona secara virtual.

Baca juga : Jenderal Luhut, Strategi Investasinya Digas Dong

Kemarin, Luhut juga ikut ngurusin persoalan sampah. Baru malam harinya, pukul 18 WIB, ia menyapa wartawan secara virtual membahas penanganan Covid. “Target dua minggu ke depan ada beberapa hal yang kita sudah coba rumuskan,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.