BREAKING NEWS
 

JK : Vaksin Covid-19 Mandiri Percepat Target Vaksinasi Nasional

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Jumat, 29 Januari 2021 17:07 WIB
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK). (Foto: Dok. PMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan penyuntikan vaksin Covid-19 secara mandiri dapat mempercepat Pemerintah dalam mencapai target vaksinasi secara nasional dalam setahun.

JK mengatakan mustahil bagi Pemerintah untuk mengejar ketertinggalan vaksinasi terhadap sedikitnya 70 persen dari total penduduk jika hanya mengandalkan program vaksin gratis.

Baca juga : PDGI: Dokter Gigi Masih Banyak Yang Belum Praktik

"Bila vaksinasi mau diselesaikan dalam waktu setahun, dibutuhkan vaksin setidaknya 1 juta per hari. Hal itu tidak mungkin dilaksanakan oleh Pemerintah saja," kata JK dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (29/1).

Adsense

Ia mendukung rencana pembolehan vaksin Covid-19 secara mandiri di Indonesia agar makin cepat jumlah warga yang divaksin. "Kami mendukung upaya vaksinasi secara mandiri atau gotong royong karena ini akan mempercepat vaksinasi,” ungkap JK.

Baca juga : TMII Gandeng Bank Mandiri Terapkan Transaksi Nontunai

JK mencontohkan vaksin mandiri dapat dilakukan oleh perusahaan swasta terhadap para karyawannya sehingga perusahaan tersebut dapat kembali bekerja dengan normal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Katakanlah pabrik rokok karyawannya sampai 25.000, kalau vaksinnya ditanggung perusahaan, itu artinya gratis juga dan meringankan beban Pemerintah dan rakyat," katanya.

Baca juga : Pakai Kaos Jogo Santri Jogo Kiai Saat Disuntik Vaksin Covid-19, Ini Pesan Gus Yasin

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Pemerintah memasang target vaksinasi Covid-19 terhadap 70 persen dari populasi di Indonesia yang berjumlah 181 juta orang. Menurutnya dengan kebutuhan dua dosis bagi setiap orang, diperlukan sedikitnya 362 juta suntikan vaksin. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense