Dark/Light Mode

Satgas Covid-19 Bantah Ada Chip Dalam Vaksin Sinovac

Selasa, 19 Januari 2021 21:20 WIB
Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito
Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito membantah adanya Chip di dalam vaksin Corona buatan Sinovac.

Wiku memastikan bahwa informasi yang menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 ditanami chip atau komponen manajemen sistem untuk melacak keberadaan penerimanya adalah berita bohong alias hoax.

Berita Terkait : Ini Kelompok Masyarakat Yang Tak Bisa Disuntik Vaksin Sinovac

“Saya pastikan itu berita bohong alias hoax. Tidak ada chip di dalam vaksin,” tegas Wiku seperti dikutip dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (19/1).

Ia menjelaskan, soal kode batang atau barcode yang tertera pada botol vaksin itu berguna untuk melacak distribusi vaksin, dan bukan untuk melacak orang yang telah divaksinasi.

Berita Terkait : Satgas Pilih Edukasi Vaksinasi Dari Pada Sanksi Kepada Warga

Wiku memastikan, semua informasi para penerima vaksin yang diberikan kepada Pemerintah hanya digunakan dalam program vaksinasi.

Ia pun mengimbau masyarakat agar tidak mudah mempercayai informasi yang tidak jelas sumbernya.

Berita Terkait : Partai Emas Dukung Program Vaksinasi Covid-19

“Informasi hoax saat ini sangat meresahkan warga. Saya ingatkan apabila masyarakat dapat berita atau video yang tidak jelas sumbernya agar dapat meneliti lebih dulu asal dan isinya, jangan langsung disebarkan lagi,”pesan Wiku. [FIK]