BREAKING NEWS
 

Lawan Pandemi Covid-19

Kampus, Ditunggu Peranmu...

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Senin, 24 Mei 2021 05:09 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Tangkapan Layar Youtube BNPB Indonesia).

 Sebelumnya 
Netizen sepakat perguruan tinggi, khususnya yang terlibat di dalamnya seperti mahasiswa dan dosen mempunyai peran sangat vital dalam mengedukasi dan mencegah penularan Covid-19. Selain itu, mahasiswa dan dosen juga harus memberi contoh yang baik.

Mang_ib mengatakan, peran perguruan tinggi dalam mengubah pola pikir masyarakat terkait Covid-19 sangat penting. Kata dia, perguruan tinggi bisa mengedukasi masyarakat agar mengetahui risiko Covid-19.

“Mahasiswa adalah salah satu harapan bangsa. Karena itu, di masa pandemi seperti sekarang mahasiswalah yang harus punya peran mengedukasi masyarakat awam terkait pencegahan Covid-19 dengan menerapkan prokes,” kata Miranda75338957.

Baca juga : Mulai Bermunculan Nih... Kasus Positif Covid Pasca Libur Lebaran

Menurut Suaraikan, perguruan tinggi harus ikut ambil bagian dalam mengedukasi masyarakat untuk memutus mata rantai Covid-19 semakin cepat. Perguruan tinggi juga berkewajiban mengajak publik untuk disiplin menerapkan 3M.

“Covid-19 bukan sebuah isu main-main lagi. Ini di level darurat! Menurut gue sebagai mahasiswa, kita bisa melakukan apa yang menjadi bagian kita. Kita bisa mengedukasi masyarakat untuk lebih aware terhadap bahaya Covid-19,” tutur leilaneeyy.

Lldikti3 mengungkapkan, saat ini sudah ada ribuan mahasiswa yang berasal dari 73 perguruan tinggi dan didampingi 90 dosen pembimbing yang tergabung dalam program Duta Perubahan Perilaku. “Mahasiswa jadi Duta Perubahan Perilaku untuk bantu kurangi korban Covid-19 dengan edukasi,” ungkapnya.

Baca juga : Tidak Ada Kematian Pasca Suntik Vaksinasi, Masyarakat Tenang Ya

ltmptofficial mengajak seluruh calon mahasiswa Indonesia menjadi Duta Pencegahan Corona. Tugas utamanya, menyebarkan edukasi dan informasi yang valid tentang Covid-19 di lingkungan terdekat dan pada media sosial masing-masing.

Menurut Ferdymad, peran perguruan tinggi dalam penanggulangan Covid-19 yang bisa langsung dirasakan masyarakat adalah vaksin. Dia berharap, vaksin Merah Putih yang dikembangkan Lembaga Eijkman dan beberapa perguruan tinggi, dapat membuktikan bahwa putra/i Indonesia bisa menghasilkan inovasi biomedis untuk melawan pandemi Covid-19.

“Mahasiswa juga sudah turut serta mengedukasi masyarakat, agar mentaati segala aturan dan program pemerintah untuk mengatasi dan membatasi penyebaran covid 19,” ungkap Arifin71435040.

Baca juga : Hayo Sadar Diri, Yang Mudik Wajib Karantina Mandiri

Aiinummah mengatakan, tugas perguruan tinggi dan mahasiswa tidak hanya mengedukasi orang yang masih kurang pengetahuan tentang Covid-19, tapi juga memberi contoh yang baik. Kata MomogiXY, selain perguruan tinggi, kantor pun bisa turut berperan dalam penanggulangan Covid-19.

“Caranya dengan mengedukasi, mengajak dan mengimbau karyawannya untuk mengurangi mobilitas,” tuturnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense