Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Makanya Pake Masker, Lindungi Diri Dari Droplet

Jumat, 21 Mei 2021 08:22 WIB
Dua orang yang mengenakan masker dan berbicara saling berjauhan. (Foto : Instagram @Satgasperubahanperilaku ).
Dua orang yang mengenakan masker dan berbicara saling berjauhan. (Foto : Instagram @Satgasperubahanperilaku ).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyebaran Covid-19 tidak hanya ter­jadi saat seseorang batuk atau bersin. Tapi, virus Corona bisa menyebar ketika seseorang berbicara dan memuncratkan sedikit air liur ke udara.

Satgasperubahanperilaku mengunggah meme dua orang yang mengenakan masker dan berbicara saling berjauhan. Di dalamnya ada imbauan untuk menghindari 3C (Closed Spaces, Crowded Places dan Close Contact Setting).

Selain itu, juga ada pernyataan, berbicara dengan jarak berdekatan dapat menyebarkan virus melalui droplet.

Baca juga : Teknologi Inovasi Difokuskan Untuk Tangani Covid-19

Menurut Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), berbincang se­lama 5 menit dapat menyebarkan kurang lebih 3.000 droplet, sama seperti batuk. Untuk itu, diingatkan agar selalu menjaga jarak aman dan tetap menggunakan masker.

“Yuk, kita pahami istilah 3C agar tetap waspada. Yaitu, Closed Spaces, Crowded Places dan Close Contact Setting,” tulis sat­gasperubahanperilaku dalam captionnya.

“Mari kita tetap disiplin menjalankan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan),” kata satgasperubahanperilaku terus mengingatkan.

Baca juga : Yuk, Kita Kampanye Lagi Pentingnya Disiplin Prokes

Menurut Herman Donni, sejak awal ber­bicara, batuk, bersin merupakan hal yang paling menularkan virus Corona. Makanya, masyarakat diimbau selalu physical distanc­ing atau menjaga jarak terhadap semua orang minimal 2 meter.

“Kalau bisa 3 meter atau lebih,” sa­ran Herman Donni.

“Kenapa kita harus jaga jarak kepada setiap orang ketika bicara, karena kadang orang tanpa sengaja ketika bicara ada ludah yang terpercik (droplet), idealnya 2 meter,” sahut @FirzaHusain.

Baca juga : Pemerintah Daerah Harus Sigap Tangani Arus Balik

Bandot Saja menyambung. Dia bilang, bila dilihat dari cepatnya penularan Covid-19, ke­mungkinan besar lewat aerosol saat seseorang berbicara. “Jadi bukan hanya droplet saat bersin atau batuk,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.