Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hayo Sadar Diri, Yang Mudik Wajib Karantina Mandiri

Sabtu, 22 Mei 2021 08:34 WIB
Cara karantina mandiri setelah mudik. (Foto :  Instagram @Indonesiabaik.id).
Cara karantina mandiri setelah mudik. (Foto : Instagram @Indonesiabaik.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Karantina mandiri menjadi tanggung jawab pelaku perjalanan. Kewajiban ini berlaku bagi siapa pun yang melakukan perjalanan antarbatas daerah selama masa larangan mudik 2021 berlangsung.

Indonesiabaik.id mengunggah meme yang mengungkap cara karantina mandiri setelah mudik. Yaitu, isolasi mandiri selama 14 hari di rumah. Jika mengalami gejala Covid-19, segera ke fasilitas layanan kesehatan.

Masa isolasi dapat dipersingkat dengan melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) pada hari ke 5. Jika negatif dan tidak ada gejala, masa isolasi dapat diakhiri pada hari ke 7.

Berita Terkait : Warganya Banyak Ngeyel, Apa Mau Di-lockdown Aja

“Hayoo, siapa di sini yang sempat mudik saat libur Lebaran? Jangan lupa karantina mandiri ya!,” tulis indonesiabaik.id.

CISDI_ID berharap warga yang mudik mengikuti kewajiban karantina mandiri sebelum beraktivitas normal. “Mari sadar diri, jangan sampai kamu jadi sumber klaster-klaster berikutnya,” ujarnya, mengingatkan.

“Bergotong royong yuk. Salah satunya dengan melakukan karantina mandiri bagi yang melakukan perjalanan selepas mudik Lebaran tahun 2021,” ajak PramuditaKhaira.

Berita Terkait : Makanya Pake Masker, Lindungi Diri Dari Droplet

“Belajar pikirkan orang lain. Jangan sampai jadi penyebar virus,” tambah TetepFrontal.

Lelakimusaja mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) harus segera melakukan pengecekan ke rumah warga yang kedapatan mudik. Supaya pengawasan karantina mandiri bisa efektif.

“Pasang stiker ke rumah-rumah warga yang mudik. Minta tes antigen/body,” tuturnya.
 Selanjutnya