BREAKING NEWS
 

Survei Capres 2024: Anies, AHY, Ganjar Bersaing Ketat

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 3 Juni 2021 14:09 WIB
Anies Baswedan, AHY, dan Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, berada dalam posisi teratas bursa Capres 2024 dengan raihan 19,20 persen.

Hasil tersebut mengemuka dalam survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), yang dirilis pada Kamis (3/6).

Di belakang Anies, terdapat nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 15,51 persen. Ditempel ketat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang mendapatkan 15,33 persen. Sedangkan Prabowo Subianto, hanya mendapatkan 10,26 persen.

Baca juga : World Superbike 2021, Indonesia Bakal Terapkan Prokes Ketat

Survei CISA yang margin of error-nya mencapai 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan pada 95 persen, juga memunculkan nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa di bursa kepemimpinan nasional  2024.

“Cukup menarik, secara on the spot Menteri BUMN, Erick Tohir mampu mendulang 9,76 persen dan mengungguli Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mendapatkan 7,55 persen serta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal (TNI) Andika Perkasa sebesar 7,15 persen,” jelas Direktur Eksekutif CISA Herry Mendrofa dalam siaran persnya, Kamis (3/6).

Adsense

Survei terhadap elektabilitas tokoh tersebut tak hanya dilakukan melalui uji validitas dengan kegiatan Recheck dan Reconfirm, terhadap 20 persen keseluruhan data pada 1.600 responden.

Baca juga : Diskusi Pancasila dengan Anak SD, Ganjar Terkagum-kagum

Tetapi juga melakukan uji kembali secara khusus terhadap elektabilitas 5 tokoh lima besar tertinggi, di 5 provinsi yang memiliki persebaran komposisi sampel responden terbesar.

“Anies, AHY, Ganjar, Prabowo dan Erick adalah figur yang menempati 5 besar elektabilitas tertinggi dari yang lainnya. Kemudian, kita cek ulang di lima besar daerah yang basis sampelnya terbesar juga. Hasilnya di Jawa Timur, Ganjar, AHY dan Prabowo cukup kuat elektabilitasnya. Dominasi Ganjar yang masih sulit untuk ditumbangkan di Jawa Tengah. Sedangkan Anies, Prabowo dan AHY memimpin di Jawa Barat," terang Herry.

Ganjar tumbang di DKI Jakarta, karenanresponden condong memilih Anies, AHY dan Erick Thohir.

Baca juga : Ganjar Bisa Berlaga Di Konvensi NasDem

Namun di Sumatera Utara, peluang keterpilihan Anies, AHY dan Ganjar cukup proporsional. Di samping ada nama Prabowo dan Erick Thohir.

Survei CISA yang dimulai sejak  27 Mei - 1 Juni 2021, menyasar 1.600 responden di 34 provinsi secara proporsional, melalui penarikan sampel dengan menggunakan metode multistage random sampling. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense