BREAKING NEWS
 

Pemkot Palu Apresiasi BPIP Gelar Pembinaan Pancasila

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Jumat, 18 Juni 2021 15:18 WIB
Dialog Kebangsaan bertajuk Rajut Erat Nilai-Nilai Pancasila di Kota Palu, Jumat (18/6). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemkot Palu, Sulawesi Tengah, mengapresiasi pembinaan ideologi Pancasila yang dilakukan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Alasannya, Palu menjadi salah satu daerah yang kerap mendapatkan pembinaan oleh BPIP tentang aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

"Apresiasi sebesar-besarnya kepada BPIP yang menjadi keynote speaker dan narasumber acara Dialog Kebangsaan. Dan, Kota Palu paling sering dikunjungi BPIP untuk memberikan pembinaan dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila," kata Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Muhammad Iqbal saat acara Dialog Kebangsaan bertajuk Rajut Erat Nilai-Nilai Pancasila di Palu, Jumat (18/6).

Iqbal mengatakan, tahun ini rencananya akan dilaksanakan kegiatan nasional dalam bentuk launching atau pencanangan akseptasi aktualisasi Pancasila skala nasional. Dimana, beberapa waktu lalu telah dilaksanakan naskah kerja sama antara BPIP dan Wali Kota Palu tentang pembinaan ideologi Pancasila di Kota Palu. 

Baca juga : Pemberantasan Pungli Momentum Pembenahan Logistik Nasional

Kerja sama ini dituangkan dalam perjanjian kerja sama yang akan ditandatangani oleh Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP dan Badan Kesbangpol Kota Palu.

"Semoga kerja sama yang dibangun berjalan dengan baik dan lancar dan diridai Tuhan Yang Maha Esa," jelas Iqbal.

Iqbal menambahkan, Pancasila harus selalu dijaga dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Anak bangsa kita tidak boleh melakukan hal yang bersimpangan dengan Pancasila karena mempertahankan Pancasila sama dengan menjaga NKRI.

Baca juga : Ikut PIP, Paskibraka Bakal Jadi Duta Pancasila

Karena itu, kerja sama dengan BPIP diperlukan agar edukasi Pancasila untuk masyarakat tetap terjaga.

Aspirasi Masyarakat

Kepala Badan Kesbangpol Kota Palu Abidin mengatakan, masyarakat Palu berbangga karena yang melakukan MoU dengan Pemkot Palu adalah BPIP. Selama ini pihaknya kewalahan memenuhi permintaan masyarakat terkait upaya menanamkan nilai-nilai kebangsaan.

Baca juga : BPIP Dukung ASN Baca Naskah Pancasila

"Kami kesulitan fasilitas untuk informasi terkait konsensus bernegara tersebut," kata Abidin. "Oleh karena itu, saya harap BPIP mengakomodir aspirasi masyarakat itu untuk mendapatkan pembinaan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” sambungnya.

Adsense

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menimpali, ketika ada kesempatan kerja sama dengan BPIP, maka dirinya langsung menerima tawaran itu. "Saya tidak tanggung-tanggung menerima tawaran itu," kata Hadianto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense