Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPIP Dukung ASN Baca Naskah Pancasila

Kamis, 17 Juni 2021 18:57 WIB
Romo Antonius Benny Susetyo (Foto: Ist)
Romo Antonius Benny Susetyo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyambut baik usulan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Reformasi Birokrasi, tentang ASN yang diwajibkan membaca naskah Pancasila dalam satu minggu dua kali.

“Kami (BPIP) harus mendukung dan mensosialisasikan program kementerian tersebut” ucap Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo di Jakarta, Kamis, (18/6).

Ia menjelaskan, Pancasila harus menjadi habitus bangsa, terutama ASN sebagai abdi negara yang harus menjadi contoh bagi masyarakat luas.

“ASN ini kan pegawai negara. Jadi perlu menjadi contoh bagi masyarakat luas dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila," jelasnya.

Baca juga : JICT Dukung Pungli Pelabuhan Disikat Habis

Alumni Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang itu juga berharap dengan cinta Tanah Air, ASN menjadi abdi negara yang memiliki ideologi Pancasila bukan ideologi lain.

“Itu menjadi acuan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara, tidak ada lagi ideologi-ideologi lainnya," tegasnya.

Dalam keterangan persnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengusulkan pembacaan naskah Pancasila dilakukan setiap hari Rabu dan Jum’at oleh ASN. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan para ASN.

Selain Pancasila, Tjahjo juga usul agar lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dinyanyikan setiap hari.

Baca juga : Pelaku Usaha Dukung Gerak Satgas Investasi

Ini sebagai upaya meningkatkan wawasan kebangsaan, nasionalisme dan kepatuhan ASN terhadap negara dan pemerintahan yang sah, loyal terhadap pimpinan, patuh dan hormat kepada lambang negara dan ideologi negara.

"Kami menerima masukan, berbagai cara agar ASN bisa lebih punya kedalaman berkaitan dengan wawasan kebangsaan," ujarnya Rabu (16/6).

Selain itu, Tjahjo mengusulkan setiap Senin dilakukan upacara bendera dengan serangkaian kegiatannya. Kegiatan itu meliputi, hormat kepada bendera merah-putih, menyanyikan lagu "Indonesia Raya", membaca teks Pancasila, pembacaan Prasetya Korpri dan pengarahan dari pembina upacara.

Kemudian pada Juli, Tjahjo akan mengusulkan rangkaian kegiatan itu dilakukan oleh kementerian, lembaga dan pemda.

Baca juga : BPIP Dorong Anak Muda Jadikan Pancasila Pijakan Raih Cita-cita Bangsa

"Nanti pada Juli akan coba kita imbau kepada kemeterian, lembaga sampai pemda untuk melakukan hal yang sama," katanya. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.