BREAKING NEWS
 

Ini Suara-Suara Mahasiswa Soal Pemimpin Masa Depan

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Jumat, 30 Juli 2021 13:40 WIB
Webinar bertajuk Pemimpin Masa Depan Indonesia Versi Mahasiswa yang digelar Lembaga Survei KedaiKOPI. (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah perwakilan mahasiswa dari berbagai kampus Tanah Air memaparkan kriteria pemimpin masa depan untuk Indonesia.

Mereka menilai, pemimpin terbaik adalah mereka yang bertanggung jawab kepada rakyat hingga memiliki komunikasi politik yang baik.

Kriteria pemimpin masa depan itu diungkapkan dalam dialog bertajuk 'Pemimpin Masa Depan Indonesia Versi Mahasiswa' yang digelar Lembaga Survei KedaiKOPI lewat Zoom Meeting, Kamis (29/7).

Baca juga : Jelang Idul Adha, Cara Olah Daging Kurban yang Sehat di Masa Pandemi

Pandangan pertama disampaikan Ketua BEM FISIP Universitas Indonesia, Bayu Satria Utomo. Menurut Bayu, kriteria pemimpin di masa depan adalah pemimpin bisa menyelesaikan atau memecahkan masalah. Kemudian, mampu melakukan komunikasi yang baik.

"Karena memang komunikasi politik yang baik itu ditunggu oleh rakyat Indonesia, di mana benar-benar presiden atau pemimpin, pemimpin ini harus peka terhadap masalah yang terjadi. Bukan hanya memprioritaskan kepentingannya sendiri maupun kelompoknya," bebernya.

Bayu berharap pemimpin masa depan memperhatikan kepentingan rakyat. Dalam sosiologi, ada tiga unsur penyusun masyarakat.

Baca juga : Arungi Samudera Pasifik Dengan Perahu Dayung

Pertama, pemerintah atau otoritas. Kedua, masyarakat sipil, dan ketiga adalah kaum pemilik modal. Bayu melihat, pola pemimpin saat ini cenderung hanya mengakomodir kepentingan kaum pemilik modal.

"Harusnya otoritas ini punya suatu keseimbangan dalam membuat suatu kebijakan, perhatikan kepentingan dari kelompok masyarakat sipil," imbaunya.

Adsense

Sementara itu, Ketua BEM FIKOM Universitas Padjadjaran Imam Rohman mengatakan, seorang pemimpin harus mampu bertanggung jawab. "Dia harus bisa bertanggung jawab terhadap apa yang diucapkan dan apa yang menjadi amanah pada dirinya sendiri," tuturnya.

Baca juga : Ini Daftar Dealer Mitsubishi Yang Buka Selama PPKM Darurat

Kemudian, sama dengan Bayu, Imam juga melihat pentingnya pemimpin membangun komunikasi politik dengan rakyatnya.

"Bagaimana dia bisa dekat dengan masyarakatnya. Yang lebih penting daripada memperoleh atensi publik terkait pencoblosan adalah bagaimana seorang pemimpin bertanggung jawab kepada amanah yang diberikan oleh rakyatnya," ucap Imam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense