BREAKING NEWS
 

Kemandirian Siswa Sekolah Cendekia BAZNAS Dilatih Dengan Berwirausaha

Reporter & Editor :
MUHAMMAD RUSMADI
Minggu, 1 Agustus 2021 17:15 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Di sela waktu libur sekolah, sejumlah siswa Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) memilih berjualan makanan siap saji di sekitar sekolah. Mereka bersemangat melayani para pembeli. Beberapa siswa bahkan ada yang rela mengantre untuk mendapatkan jajanan.

Sudah dua hari mereka berjualan, yakni pada 28-29 Juli 2021. Mereka bernaung dalam organisasi pelajar Cendekia BAZNAS (Oceans) bidang Ekonomi Kreatif. Bagi mereka ini merupakan kegiatan pertama yang menyenangkan.

Baca juga : Kurban Online BAZNAS Dongkrak Omzet Peternak Mustahik Garut

Kegiatan yang sudah lama dirancang ini baru bisa diwujudkan pada saat pekan bahasa dan olahraga. Puspita, siswa sekaligus Menteri Oceans Bidang Ekonomi Kreatif menyampaikan, kegiatan bazar ini baru dua kali dilakukan selama pekan bahasa dan olahraga.

Adsense

Ia merasa senang, kegiatan tersebut dapat dilakukan bersama tim Oceans. Dalam waktu sehari timnya dapat meraup keuntungan sekitar Rp 200 ribu. Keuntungannya ditabung untuk kegiatan organisasi sebagai penunjang kegiatan jika dibutuhkan.

Baca juga : Jangan Lewatkan Kuliah Online Gratis Dengan Pengajar Top Dunia

“Kegiatan ini termasuk program Oceans. Kita sudah lama merancang program bazar ini namun terkendala modal. Ada banyak manfaat yang bisa didapat. Kita bisa melatih jiwa enterprenuer. Harapannya, program ini bisa belanjut untuk anak SCB,” ucap Puspita.

Dia menambahkan, jiwa enterpreneur-nya tumbuh sejak Kelas Sembilan, berkat pembinaan Cendekia Enterpreneur Class (CEC). Semua siswa diwajibkan berjualan dengan modal yang sedikit, tapi diharuskan mendapatkan keuntungan yang besar. Ia dan teman-temannya turun langsung ke pasar untuk menjajakan barang dagangannya ke masyarakat.

Baca juga : PPKM Diperpanjang, PPN Sewa Toko Di Mall Ditanggung Pemerintah

“Kita mengerti bagaimana pekerjaan itu tidak semudah yang dibayangkan. Kita belajar, nyari uang itu susah. Jadi jangan menghambur-hamburkan uang,” katanya.

Menurut Puspita, mengikuti aktivitas Oceans dapat mengembangkan enterpreneur skill dan memperbaiki perekonomian organisasi pelajar Oceans. Selain itu, dia inya ingin dengan adanya bidang ekonomi kreatif ini, dapat mengeluarkan ide-ide untuk organisasi, terutama menghasilkan nilai ekonomi. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense