BREAKING NEWS
 

Hapus Tes Keperawanan, Andika Lakukan Langkah Maju

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Rabu, 11 Agustus 2021 20:31 WIB
Pengamat militer dan keamanan Susaningtyas Kertopati (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat militer dan keamanan Susaningtyas Kertopati memuji langkah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa yang menghapus tes keperawanan dalam rekrutmen TNI AD. Menurut Nuning, penghapusan itu adalah langkah tepat.

“Menurut saya, ini langkah maju,” kata mantan Anggota Komisi I DPR ini, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (10/8).

Baca juga : Startup Perikanan Ini Dapet Suntikan Dana Segar Rp 500 M

Dengan penghapusan itu, kata Nuning, proses pemeriksaan dalam rekrutmen calon prajurit TNI tidak lagi fokus ke hal-hal yang di luar tujuan. Yang harus difokuskan adalah, seorang prajurit, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki keterampilan serta nilai akademik. 

“Keterampilan berbagai bidang dan psikologi harus bagus sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan pihak TNI AD. Seyogyanya TNI matra lain harus sama,” terangnya.

Baca juga : Perkuat Kemitraan, AS-Indonesia Latihan Militer Garuda Shield 2021

Nuning menambahkan, selama ini banyak organisasi perempuan menentang tes keperawanan. Sebab, di mata banyak perempuan, tes tersebut merupakan bentuk diskriminasi. “Sebuah langkah maju Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai KSAD memutuskan untuk menghilangkan tes keperawanan tersebut,” ucapnya.

Adsense

Menurut Nuning, tes keperawanan tak bisa menjadi ukuran moral seseorang. Contohnya, bisa saja seseorang kehilangan keperawanan karena kecelakaan jatuh dari kuda atau tangga. “Kan kasihan (kalau dijadikan ukuran moral),” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense