BREAKING NEWS
 

Jokowi Dorong Sektor Konsumsi Ke Produksi

ISEI Punya 4 Jurus Pulihkan Ekonomi

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : MUHAMAD FIKY
Rabu, 1 September 2021 06:30 WIB
Presiden Jokowi dalam Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXI dan Seminar Nasional 2021 yang digelar secara virtual di Jakarta, Selasa (31/8). (Foto: rm.id).

 Sebelumnya 
Mantan Gubernur DKIJakarta ini menekankan, upaya sinergi dari seluruh pihak adalah kunci upaya transformasi ekonomi nasional. Sinergi antara berbagai pihak sangat dibutuhkan karena tantangan transformasi ekonomi sangat kompleks.

Jokowi juga berharap, kasus positif Covid-19 bisa dikendali­kan sehingga aktivitas ekonomi bisa kembali berjalan. Dan, per­ekonomian bisa tumbuh di batas atas hingga akhir tahun.

Baca juga : Jokowi Minta ISEI Tetap Aktif Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

Ketua Umum ISEI yang juga Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, ada empat jurus konkret ISEIuntuk membantu pemulihan ekonomi.

Pertama, penguatan strategi untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Kedua, pemu­lihan yang masih perlu didorong melalui fiskal dan moneter untuk mendorong pertumbuhan kredit perbankan, memajukan ekono­mi dan pertanian. Serta terus berupaya membangun ekonomi kerakyatan dan menciptakan lapangan kerja dalam kaitan ini.

Baca juga : Tinjau Pabrik Gula, Kemenperin: Sektor Kritikal Berperan Penting Pulihkan Ekonomi

Ketiga, mengarahkan pem­bangunan infrastruktur untuk mendukung konektivitas secara fisik dan digital, pembangunan ekonomi kreatif kewirausahaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Keempat, percepatan digitalisa­si ekonomi dan keuangan, maupun di bidang-bidang lainnya. Seperti pendidikan, kesehatan, sosial, se­cara menyeluruh melalui digitalisasi sistem pembayaran Bank Indonesia. Dan, terus mendorong akselerasi ekonomi keuangan digital secara nasional.

Baca juga : ACT Dukung Penuh Gernas MUI Tangani Covid-19 Dan Pulihkan Ekonomi

“Perlu dukungan untuk mendor­ong digitalisasi di sektor riil, khusus­nya di pertanian, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), jasa-jasa, ekonomi kerakyatan. Dan, pengembangan startup berbagai sektor di tingkat lokal maupun nasional,” jelas Perry. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense