BREAKING NEWS
 

Menko Airlangga Blusukan Ke Gorontalo

Petani Jagung Diguyur KUR, Bayar Pasca Panen

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Sabtu, 2 Oktober 2021 06:40 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri), menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani jagung di Desa Dulupi, Kabupaten Bualemo, Gorontalo, Kamis (30/9). Penyerahan KUR itu dilakukan usai Airlangga melakukan pelepasan 23 ribu ton jagung di Pelabuhan Tilamuta, untuk dijual ke luar negeri. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi daerah. Salah satunya, dengan mengucurkan modal kepada petani jagung di Provinsi Gorontalo.

Jagung merupakan salah satu komoditas unggulan Gorontalo. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlang­ga Hartarto menilai, pemulihan ekonomi di Gorontalo menunjuk­kan tren positif. Untuk menggen­jotnya, Pemerintah memberikan dukungan permodalan.

“Kami terus berupaya mendorong masyarakat terus menanam jagung. Bagi mereka yang tanah­nya cocok, kami salurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dan, kredit bisa dibayar saat panen,” ungkap Airlangga saat Panen Raya Jagung di Desa Dulupi, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, Kamis (30/9).

Baca juga : Mentan Pastikan Pasokan Jagung Ke Perusahaan Pakan Normal

Ketua Umum Partai Golkar itu menuturkan, memulihkan kembali ekonomi masyarakat merupakan fokus Kementerian­nya. Untuk sektor pertanian, pihaknya sudah memberikan bantuan KUR Tani, alat perta­nian, dan bantuan bibit jagung bagi petani di berbagai daerah, termasuk di Gorontalo.

“Kami berharap, sesudah pembatasan sosial dengan skala level ini turun, ekonomi bisa naik kembali,” tegasnya.

Airlangga menerangkan, sek­tor pertanian menjadi salah satu sektor perekonomian yang terus menunjukkan kinerja positif selama masa pandemi Covid- 19. Pada triwulan II-2021, sektor pertanian mengalami pertumbuhan sebesar 0,38 persen.

Baca juga : Aturan Vaksin Covid Dosis Tiga Berbayar Rampung Pekan Depan

Disebutkannya, jagung meru­pakan salah satu komoditas unggulan yang terus dikem­bangkan.

Adsense

Sektor pertanian ini memi­liki kontribusi besar terhadap peningkatan kesejahteraan petani. Dan, ikut mendorong pertumbuhan industri, khusus­nya peternakan unggas.

“Dalam kurun waktu 10 tahun ini, perkembangan komoditi jagung khususnya di Provinsi Gorontalo mengalami pening­katan yang sangat signifikan,” ujar Airlangga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense