Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menko Airlangga: Dukungan Ulama Penting Untuk Penanganan Covid-19

Senin, 16 Agustus 2021 13:51 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai, dukungan ulama merupakan hal penting dalam penanganan pandemi Covid-19.

Untuk itu, Airlangga meminta doa dan dukungan para Habaib, Ulama dan Kiai, agar langkah dan kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi dapat berjalan dengan baik. Salah satunya, upaya vaksinasi.

"Kami mohon dukungannya dari para Habaib, Ulama, dan Kiai untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin itu halal dan aman," ujar Airlangga dalam acara Indonesia Bersholawat' dalam rangka memperingati 1 Muharram 1443 Hijriyah dan Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun dengan tema 'Merdeka dan Hijrah dari Covid-19' bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, dikutip Senin (16/8).

Baca juga : Maknai Kemerdekaan RI ke 76, Sania Bantu Pahlawan Covid-19

Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu menjelaskan, pemerintah tengah berupaya meningkatkan program vaksinasi nasional dengan target 2 juta sampai 2,5 juta per hari agar kekebalan komunitas segera terwujud.

Selain itu, pemerintah terus mendorong upaya isolasi mandiri yang terpusat di setiap desa/kelurahan dan kecamatan didampingi dengan tenaga kesehatan, sehingga pasien Covid-19 dapat terpantau dengan baik.

"Pemerintah berusaha untuk terus mengendalikan pandemi secara terintegrasi dan diharapkan akan mengurangi kasus aktif ke tingkat yang bisa ditolerir dan memberikan ruang pelonggaran tekanan pada fasilitas kesehatan, rumah sakit, oksigen dan obat obatan," imbuh Menko Airlangga yang hadir bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca juga : Panglima TNI: Untuk Menang Perang Lawan Covid, Amunisi Harus Cukup

Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan, kerja keras dan ikhtiar pemerintah bisa berhasil jika dilakukan bersama-sama dengan seluruh masyarakat Indonesia.

"Disertai dengan doa yang terus kita panjatkan kepada Allah SWT dan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, semoga ikhtiar kita mendapatkan ridho Allah SWT sehingga badai ini segera berlalu dan kita segera keluar dari krisis kesehatan ini," ucapnya.

Sementara dari segi ekonomi, ditambahkan Airlangga, kerja keras pemerintah dan semua pihak untuk memulihkan ekonomi pada kuartal II-2021 membuahkan hasil, yakni pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7,07 persen. Angka ini merupakan kerja keras bersama seluruh komponen bangsa.

Baca juga : Jangan Rekayasa Data Covid-19

"Dengan pertumbuhan ini, prospek pemulihan ekonomi Indonesia pasca-pandemi menjadi salah satu yang terbaik di Asia. Pertumbuhan yang bagus ini membuktikan bahwa walaupun kita berada dalam situasi yang memprihatinkan akibat pandemi Covid-19, kita mampu dan terus berusaha untuk bangkit," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf meminta masyarakat tidak menebarkan kebencian yang memperburuk situasi, terutama di tengah pandemi seperti sekarang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.