BREAKING NEWS
 

Jokowi-Ma’ruf 3 Tahun Lagi

Para Menteri Mulai Digoda Urusan Politik

Reporter & Editor :
APRIANTO
Kamis, 21 Oktober 2021 08:05 WIB
Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Maruf Amin saat mengenalkan Kabinet Indonesia Maju di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Setkab)

 Sebelumnya 
Pengamat politik Hendri Satrio juga bilang demikian. Pendiri lembaga survei KedaiKOPI ini tak heran kalau kemudian pemerintah keukeuh agar hajatan pemilu diundur ke bulan April-Mei 2024

“Supaya jeda waktu menuju ujung pemerintahan Jokowi (Oktober 2024) lebih sedikit. Mungkin Pak Jokowi ingin agar dia tetap ‘didengar’ setidaknya sampai Mei 2024,” kata Hensat.

Baca juga : Kata Ma’ruf, Tenang Duit Pemerintah Masih Banyak

Ketua Umum JoMan, Immanuel Ebenezer ikut mengingatkan agar para menteri bekerja secara maksimal dan mahir dalam menerjemahkan keinginan Jokowi. Dia ingin menteri-menteri tak larut dalam isu pemilu 2024.

“Jangan malah sibuk memperkaya diri sendiri tanpa menghiraukan rambu-rambu yang ada, sehingga pada akhirnya merusak citra dan nama baik Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Baca juga : Di Hadapan Organisasi Sayap Gerindra, Muzani: Jaga Idealisme Berpolitik!

Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman tidak memungkiri, tahun politik adalah sebuah keniscayaan yang akan dihadapi Kabinet Jokowi-Ma’ruf. Tapi, ia berkeyakinan, Jokowi mampu menjaga ritme anak buahnya agar tetap berperforma baik.

Buktinya, mengomandoi negara di tengah pandemi Covid-19 saja, Jokowi dapat acungan jempol negara lain, apalagi menghadapi tahun-tahun politik.

Baca juga : Kepala BPIP: Bung Karno Meneladani Politik Rasulullah

“Yang jelas, dalam 2 tahun ini saja kelihatan sekali kemampuan presiden dalam menumbuhkan kepemimpinan terkomando dalam penangaman pandemi Covid-19. Saya baru bertemu beberapa Dubes, mereka memuji sekali penanganan Covid-19 di Indonesia. Pemulihan ekonomi kita juga bagus, di triwulan III sudah tumbuh 7 persen,” kata Fadjroel kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Ia meyakini, presiden tetap menjaga visi-misinya agar tetap dipegang teguh oleh para menteri. Tidak terpengaruh oleh hiruk-pikuk perpolitikan di tahun-tahun politik.“Tentu, selain menjaga visi-misi, presiden kan juga melakukan monitoring, evaluasi,” tutur Fadjroel. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense