BREAKING NEWS
 

Tahun Depan, Aksara Kawi Bakal Rilis Di Tabel Unicode

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Sabtu, 23 Oktober 2021 17:46 WIB
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan Digitisasi Aksara Kawi ke Unicode menemui babak baru, diperkirakan pada pertengahan tahun depan Aksara Kawi sudah resmi dirilis ke dalam tabel Unicode.

Hal ini tidak lepas dari peranan pengusung proposal Unicode Aksara Kawi Ilham Nurwansah dan Aditya Bayu Perdana. Menurut Ilham Nurwansah, Aksara Kawi sebelumnya telah didaftarkan ke Unicode oleh seorang pria berkebangsaan India bernama Anshuman Pandey.

Baca juga : The Doctor Janji Kasih Kado Manis Di Kandang Sendiri

Namun menurut Ilham, Aksara Kawi yang didaftarkan ke Unicode belum lengkap karena Pandey kekurangan referensi untuk penelitian.

“Pengajuan Aksara Kawi sebelumnya pernah didaftarkan oleh Anshuman Pandey pada tahun 2012, yaitu Preliminary Proposal to Encode the Kawi Script. Namun Aksara Kawi yang sudah terdaftar belum lengkap dan harus diperbaharui kembali,” ungkap Ilham yang juga merupakan konsultan PANDI dalam program Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi Aksara Nusantara (MIMDAN).

Baca juga : Tangani Corona, Kemnaker Bakal Evaluasi Peran P2K3

Lebih lanjut, Ilham menambahkan bahwa ia dan rekannya Aditya Bayu Perdana memperbaharui dan mengajukan kembali proposal Aksara Kawi ke Unicode pada September tahun 2020 silam.

Adsense

Setelah pengajuan tersebut, Unicode merespon dan memberikan evaluasi dan catatan lalu revisi proposalnya dikirimkan kembali oleh keduanya pada Desember 2020. Pengusul aksara Kawi ke Unicode, Aditya Bayu Perdana mengatakan bahwa Unicode telah merespon secara tertulis dan secara intens melakukan rapat dengan Script Ad Hoc Unicode beberapa kali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense