Dewan Pers

Dark/Light Mode

Tertunda Selama Lima Tahun

Korban Gusuran Bukit Duri Bakal Miliki Tempat Tinggal

Sabtu, 9 Oktober 2021 07:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pencanangan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh bagi warga eks Kampung Duri, Kamis (7/6/2021). (Foto: Twitter @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pencanangan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh bagi warga eks Kampung Duri, Kamis (7/6/2021). (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah tertunda selama lima tahun, 75 korban penggusuran di Bukit Duri, Jakarta Selatan, akhirnya akan memiliki tempat tinggal. Mereka akan ditempatkan di rumah susun (rusun) sewa, di Cakung, Jakarta Timur.

Rencana itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies menyampaikan pencanangan pembangunan rusun tersebut pada Kamis (7/10). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menargetkan pembangunan rampung pada Maret 2022.

“Alhamdulillah prosesnya memang panjang karena harus semuanya tertib administrasi dan memastikan semua dijalankan dengan baik,” ujar Anies dalam sambutannya di lokasi pembangunan kampung susun di Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (7/10).

Berita Terkait : Kejagung Sita Vila Mewah Di Bali Milik Teddy Tjokro

Seperti rusun milik Pemprov lainnya, rusun Cakung menyediakan ruang terbuka untuk menyerap air hujan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Sarjoko menerangkan, rusun Cakung terdiri dua blok dengan ketinggian lima lantai, dengan hunian sebanyak 79 unit. Bangunan ini dilengkapi dengan sarana prasarana seperti ruang serbaguna, musholla, fasilitas pelayanan kesehatan, kantor Rukun Tetangga, taman kanak-kanak, play ground, lahan parkir, dan taman.

Luas lahan rusun hunian ini sekitar 4.407 meter persegi (m2). Lahan terebut merupakan bagian dari lahan seluas 29.070 m2 dan tercatat sebagai aset milik Unit Pengelola Kawasan Pusat Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah Serta Permukiman (UPK-PPUKMP) Pulogadung, Jakarta Timur.

Berita Terkait : HUT Ke-30, Multifortuna Sinardelta Hadirkan Konsep Baru Pemasaran Alat Rumah Tangga

Anies menyampaikan, proses perencanaan pembangunan rusun melibatkan warga calon penghuni. Sehingga, bentuk fisik hunian yang terbangun merupakan wujud aspirasi warga.

“Keterlibatan warga sejak awal pembangunan akan menumbuhkan rasa menjaga, merawat hunian sebaik mungkin untuk kepentingan bersama,” ujarnya.

Rusun Cakung merupakan rusun sewa pertama milik Pemprov DKI yang memiliki mezzanine atau lantai tingkat di tiap unit huniannya.
 Selanjutnya