BREAKING NEWS
 

Waspada Hepatitis Di Indonesia

Sekolah Boleh Buka, Tapi Kantin Ditutup

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Selasa, 17 Mei 2022 07:50 WIB
Sejumlah murid mengerjakan soal pelajaran di SDN Cibubur 04, Jakarta, Jumat (13/5/2022). (Foto: DWI PAMBUDO / RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah pandemi Covid-19 melandai, virus Hepatitis mengintai kita. Hingga 9 Mei 2022, Indonesia memiliki 15 kasus hepatitis akut dengan mayoritas korban adalah anak usia 1-6 tahun.

Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian memahami kekhawatiran orang tua terhadap penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah. Aspek kehati-hatian harus ditingkatkan, namun tidak perlu panik.

Baca juga : Tips Hindari Hepatitis Akut Bagi Anak Yang Sekolah Tatap Muka

Penularan hepatitis, lanjutnya, diduga melalui tangan, air, makanan, hingga alat makan dan bukan udara seperti Covid-19. “PTM masih dapat dilaksanakan selama kebersihan makan dan minum anak terjaga dan kantin ditutup,” saran Hetifah dalam keterangannya, kemarin.

Untuk itu, Hetifah mendesak Kemendikbudristek melakukan langkah penanggulangan di lingkungan sekolah. Keluarkan surat edaran untuk menutup kantin, pelajar wajib bawa bekal. Lalu, protokol kesehatan (prokes) seperti cuci tangan dan memakai masker juga harus tetap dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Baca juga : Partai Din Gelar Rakernas Di Hotel Mewah Ancol, Gatot Dan Riza Hadir

Walau vaksin hepatitis telah diwajibkan bagi bayi, namun cakupannya belum maksimal. Sehingga, pemerintah diharapkan menggalakkan vaksin ini lebih massif agar tercipta kekebalan jangka panjang.

Adsense

“Ini merupakan langkah pencegahan dalam menanggulangi penyebaran hepatitis akut tersebut,” kata dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense