BREAKING NEWS
 

Komisi IX DPR Pastikan Tak Pernah Terima Keluhan Air Galon Guna Ulang Berbahaya

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : UJANG SUNDA
Jumat, 1 Juli 2022 15:12 WIB
Anggota Komisi IX DPR Dewi Aryani (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR Dewi Aryani mempertanyakan pihak-pihak yang menghembuskan isu bahwa air galon guna ulang itu membahayakan kesehatan konsumen. Politisi PDIP ini menegaskan, selama ini Komisi IX DPR belum pernah mendengar keluhan mengenai hal itu dari pihak mana pun.

“Kata siapa itu? Yang hembuskan siapa dan di mana lokasi yang diduga?” kata Dewi, mempertanyakan soal kebenaran isu air galon guna ulang berbahaya.

Dia mengatakan, harus jelas sumbernya dari mana sehingga bisa mengatakan air galon guna ulang berbahaya untuk kesehatan. “Sampai saat ini Komisi IX belum pernah mendengar ada isu itu,” jelasnya.

Baca juga : Kemendagri Pastikan RUU Pemekaran Papua Berikan Ruang Afirmasi OAP

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin juga menegaskan bahwa air kemasan galon guna ulang aman untuk digunakan, baik oleh anak-anak dan ibu hamil. Menurutnya, isu-isu seputar bahaya penggunaan air kemasan air guna ulang adalah hoaks.

Adsense

“(Air kemasan galon guna ulang) aman. Itu (isu bahaya air kemasan galon guna ulang) hoaks,” katanya.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia Prof Aru Wisaksono Sudoyo mengatakan, belum ada bukti air galon guna ulang menyebabkan kanker. Menurutnya, 90-95 persen kanker dipicu dari lingkungan atau environment.

Baca juga : Sukseskan KTT G20, PLN Pastikan Infrastruktur Kelistrikan di Bali Beroperasi Andal

“Kebanyakan karena paparan-paparan gaya hidup seperti kurang olahraga dan makan makanan yang salah, merokok, dan lain sebagainya. Jadi, belum ada penelitian air galon itu menyebabkan kanker,” ujarnya.

Dokter spesialis kandungan yang juga Ketua Pokja Infeksi Saluran Reproduksi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Alamsyah Aziz juga mengatakan, sampai saat ini dirinya tidak pernah menemukan adanya gangguan terhadap janin karena ibunya meminum air galon. Karenanya, dia meminta para ibu hamil agar tidak khawatir menggunakan air minum dalam kemasan (AMDK) galon guna ulang ini, karena aman dan tidak berbahaya terhadap ibu maupun pada janinnya.

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga mengakui, sama sekali belum pernah menerima pengaduan dari masyarakat mengenai adanya bahaya penggunaan air galon guna ulang. Pengaduan soal pangan yang diterima BPKN dan YLKI selama ini adalah yang terkait dengan kadaluarsa dan makanan yang rusak dalam kemasannya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense