Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jokowi: WTP Bukan Tujuan Akhir, Terpenting, Gunakan Uang Rakyat Dengan Sebaik-baiknya

Kamis, 23 Juni 2022 13:18 WIB
Presiden Jokowi dalam pidato penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/6). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi dalam pidato penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/6). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah terus berupaya meningkatkan performa pengelolaan keuangan negara, yang lebih efektif dan inklusif. Serta terus bekerja melaksanakan berbagai program, dengan memperhatikan tata kelola keuangan yang baik.

Pemerintah meyakini, penerapan tata kelola yang baik akan meningkatkan efektivitas mitigasi risiko. Sekaligus mendorong efektivitas pencapaian target dan sasaran-sasaran program.

Berita Terkait : Jokowi: Beban Fiskal Kita Memang Berat, Tapi Subsidi Untuk Rakyat Harus Jalan Terus

"Alhamdulillah, tahun 2021 tadi sudah disampaikan oleh Ketua BPK, bahwa BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP)," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (23/6).

Dia menyebut, WTP ini merupakan pencapaian yang baik di tahun 2021 yang sangat berat. Hasilnya, akan menjadi landasan bagi pemerintah, untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan.

Berita Terkait : Rajin Blusukan, Puan Makin Dekat Dengan Rakyat

Terutama, yang terkait sistem pengendalian intern, dan ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berdampak terhadap kewajaran penyajian LKPP tahun 2021. Agar tata kelola keuangan negara semakin baik.

"Predikat WTP bukanlah tujuan akhir. Terpenting adalah, bagaimana kita mampu menggunakan uang rakyat sebaik-baiknya. Bagaimana kita mampu mengelola dan memanfaatkannya secara transparan dan akuntabel, sehingga masyarakat betul-betul merasakan manfaatnya," tegas Jokowi.

Berita Terkait : Mobilitas Rakyat Lebih Mudah, Angkutan Sembako Pun Lancar

"Saya ingin menegaskan lagi kepada para Menteri, Kepala Lembaga maupun Kepala Daerah agar segera menindaklanjuti dan menyelesaikan semua rekomendasi pemeriksaan BPK," pungkasnya. ■