BREAKING NEWS
 

Bamsoet Happy Parlemen Turki Dukung Pembentukan Forum MPR Dunia

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Kamis, 6 Oktober 2022 12:49 WIB
Ketua MPR Golkar Bambang Soesatyo (kanan) menjamu Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop. (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi dukungan Parlemen Turki di bawah kepemimpinan Ketua Mustafa Sentop, yang mendukung gagasan MPR membentuk World Forum People's Consultative Assembly (Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat Dunia/Forum MPR Dunia), pada 24-26 Oktober 2022 di Gedung Merdeka, Bandung. Kehadiran forum ini akan memperluas upaya parlemen dari berbagai negara dunia, khususnya parlemen dari negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), untuk bekerja sama mewujudkan dunia yang lebih aman dan damai.

"Kita juga sepakat untuk saling meningkatkan kerja sama antara Parlemen Indonesia dengan Parlemen Turki sebagai second track diplomacy, sehingga bisa semakin mensolidkan hubungan kedua negara yang sudah terjalin sejak abad ke-15, serta memasuki usia ke-72 tahun dalam hubungan diplomatik. Karena itu, MPR juga menyambut baik rencana kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Indonesia, khususnya dalam menghadiri KTT G20 pada 15-16 November 2022 di Bali," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menjamu makan malam Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop dan rombongan Parlemen Turki, di Kediaman Ketua MPR, di Jakarta, Rabu malam (5/10).

Baca juga : Teja Paku Alam Dukung Penundaan Liga 1

Acara turut dihadiri Duta Besar Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu, Anggota Parlemen Turki sekaligus Ketua Kelompok Persahabatan Parlemen Turki-Indonesia Adnan Gunnar, serta para anggota Parlemen Turki lainnya antara lain, Bulent Tufenkci, Burhanettin Bulut, Erhan Usta, dan Ramazan Kasli. Hadir pula Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad.

Adsense

Ketua DPR ke-20 ini menuturkan, Mustafa Sentop merupakan sahabat lamanya. Bamsoet dan Sentop senang melihat semakin meningkatnya hubungan antara kedua bangsa dari berbagai lapisan masyarakat. Hal itu ditandai dengan saling kunjung dan pertemuan di tingkat pejabat pemerintahan, parlemen, komunitas bisnis, tokoh masyarakat, seniman dan budayawan, wisatawan hingga pelajar.

Baca juga : Bamsoet Dorong Penghentian Perang Rusia-Ukraina Secara Damai

"Saya sungguh senang melihat semakin banyak siswa Indonesia, sekitar 2.700 orang yang belajar di Turki, baik dibawah beasiswa dari Pemerintah Turki maupun dengan swadana. Saya yakin mereka yang melakukan interaksi people-to-people akan menjadi duta-duta yang turut memperkuat hubungan kedua negara bangsa," kata Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menambahkan, pada Oktober 2021, Presiden Jokowi dengan Presiden Erdogan di Italia di sela KTT G20. Salah satu topik pertemuan membahas rencana kunjungan Erdogan ke Indonesia pada 2022. Selain, membahas berbagai kerja sama di berbagai sektor yang sangat penting bagi hubungan bilateral kedua negara.

Baca juga : Ketum KNPI Haris Dukung Presiden Evaluasi Liga Indonesia

"Saya melihat pertemuan kedua kepala negara kita akan menjadi momentum bagi penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Turki. Salah satunya adalah penyelesaian segera Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Turki (Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement) atau IT-CEPA," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense