Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick Dukung Pembentukan Forum MPR Dunia, Bamsoet Happy

Rabu, 21 September 2022 14:27 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) menerima kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir, di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (21/9). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) menerima kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir, di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (21/9). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi dukungan Menteri BUMN Erick Thohir atas inisiasi MPR membentuk World Forum People's Consultative Assembly (Forum MPR Dunia), pada 24-26 Oktober 2022 di Gedung Merdeka, Bandung. Pembentukan itu dilakukan di tempat yang sangat bersejarah, sebagai saksi penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, menerangkan, dalam pembentukan Forum MPR Dunia, pihaknya mengundang sekitar 54 parlemen negara yang bergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraannya, Erick akan ikut terlibat mengakselerasi agar acara tersebut berjalan sukses membawa nama besar Indonesia di mata dunia.

Baca juga : Erick: BUMN Tak Punya Rencana Hapuskan Listrik 450 VA, Subsidi Tetap Ada

“Hal itu juga menunjukkan bentuk gotong royong dari berbagai stakeholders bangsa untuk bersama-sama dengan MPR menjadi tuan rumah sekaligus menyukseskan pembentukan Forum MPR Dunia, yang bisa menguatkan diplomasi internasional pemerintah Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia, sesuai amanat dalam pembukaan konstitusi UUD NRI 1945," ujar Bamsoet, bersama Pimpinan MPR lain, usai menerima Erick, di Ruang Rapat Pimpinan MPR, Jakarta, Rabu (21/9).

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, setelah diinisiasi MPR, gagasan pembentukan Forum MPR Dunia berkembang dalam pertemuan Pimpinan MPR dengan Raja Arab Salman bin Abdulaziz al-Saud, Ketua Majelis Syuro Saudi Arabia di Riyadh, dan Ketua Majelis Syuro Maroko di Rabat, pada Desember 2019. Salah satunya dilatarbelakangi atas kebutuhan menghadirkan tatanan dunia yang harmonis dan berkeadaban, dalam rangka mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Baca juga : 24 Dubes Negara OKI Dukung Pembentukan Forum MPR Dunia Di Bandung

"Mengingat saat ini geo politik dunia tengah bergejolak. Konflik dan ketegangan global, meski jauh di seberang benua, tetap memberikan dampak yang dirasakan langsung oleh berbagai masyarakat di seluruh dunia. Perang dengan alasan apapun, selalu membawa petaka, kehancuran dan kesengsaraan, serta berbagai krisis, seperti krisis kemanusiaan, krisis lingkungan, krisis ekonomi global, krisis pangan, krisis air, dan krisis energi," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, menjadi keuntungan tersendiri, apabila terdapat sejumlah saluran organisasi internasional dalam rangka menyikapi persoalan yang dihadapi umat manusia. Forum MPR Dunia sebagai bentuk organisasi yang tidak permanen, bisa memiliki peran strategis di kancah global.

Baca juga : PSSI Luncurkan Maskot Piala Dunia U-20, Bacuya

"Antara lain, turut memberikan alternatif solusi di tengah dinamika global yang sedang bergejolak, dan menawarkan agenda konsolidasi ekonomi antar negara untuk mencapai kerjasama strategis, dengan komitmen pembangunan inklusif secara global," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.