BREAKING NEWS
 

Puan: Revenge Travel Jangan Bikin Kita Kecolongan

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Senin, 20 September 2021 16:01 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemangku kebijakan mewaspadai fenomena revenge travel/tourism (balas dendam wisata), agar tidak kontraproduktif terhadap penanganan Covid-19.

“Kita bisa memahami adanya revenge travel. Banyak orang mungkin suntuk, bahkan stres kurang hiburan selama pembatasan sosial berbulan-bulan, dan kini mau balas dendam pergi jalan-jalan ke tempat wisata. Ini tentu baik bagi wisatawan dan juga industri wisata. Tetapi perlu dijaga, agar balas dendam wisatawan ini jangan sampai bablas,” kata Puan di Jakarta, Senin (20/9).

"Jangan sampai kita kecolongan, atau abai prokes di titik-titik yang justru rawan penularan. Kalau perlu jangan lepas masker, sekalipun saat berfoto-foto di tempat wisata,” imbuhnya.

Baca juga : Tracing Jangan Dikendorkan

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR tersebut mengingatkan pengelola tempat wisata, agar senantiasa mengikuti anjuran pemerintah terkait kapasitas pengunjung.

Adsense

Dia juga meminta pengelola menerapkan aturan adaptasi kebiasaan baru tempat wisata dari Kementerian Kesehatan, yang mengatur soal perilaku hidup sehat di objek wisata, kebersihan lingkungan, toilet, hingga sirkulasi udara.

“Kenyamanan dan keselamatan rakyat yang berkunjung ke tempat wisata harus menjadi prioritas,” ucapnya.

Baca juga : KPK Telisik Dugaan Pengurangan Pajak Jhonlin Baratama

Pelaku usaha wisata harus memenuhi standar kebutuhan pengunjung sesuai panduan pelaksanaan cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE) yang sudah dikeluarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan mengikuti pedoman dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan World Travel and Tourism Council (WTTC).

Untuk melindungi wisatawan dan masyarakat setempat, Puan mengingatkan agar Pemda menyiapkan tim pemantau protokol kesehatan di setiap wisata.

"Bagaimanapun, tetap harus ada pengawasan untuk prokes supaya tidak bablas. Namanya di tempat wisata, banyak orang lagi bersenang-senang, potensi abai prokes pasti tinggi,” pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense