Dark/Light Mode

Akses Ke Vaksin Jangan Dibikin Ribet

Sabtu, 28 Agustus 2021 08:17 WIB
Semua vaksin pemerintah gratis, silahkan lapor jika ada yang meminta bayaran. (Foto : Instagram @Kemenkes_ri)
Semua vaksin pemerintah gratis, silahkan lapor jika ada yang meminta bayaran. (Foto : Instagram @Kemenkes_ri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenkes_ri mengunggah meme gambar tangan yang memegang satu dosis vaksin Covid-19. Dimuat juga dalam meme itu foto Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.

Isi meme menegaskan bahwa program vaksinasi Pemerintah, gratis. Termasuk juga semua jenis vaksin yang digunakan Pemerintah. Dalam meme itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta keterlibatan masyarakat menjaga bahwa semua vaksin gratis.

“Apabila ada yang berbayar, segera lapor­kan,” ujar mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Baca juga : Rakyat Maunya Tetap Gratis

Akun kemenkes_ri menjelaskan, program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Pemerintah sejak Januari 2021 diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia. emua masyarakat memiliki hak yang sama untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Pemerintah, sambung Kemenkes_ri, bersa­ma Pemerintah Daerah, organisasi keagamaan, pelaku usaha, organisasi sosial, organisasi masyarakat dan lain-lain, terus menghadirkan sentra-sentra vaksinasi. Upaya tersebut dilaku­kan sebagai bagian dari perluasan cakupan vaksinasi nasional untuk mempercepat herd immunity.

“Apabila menemukan pihak-pihak yang meminta bayaran, segera laporkan ke Halo Kemkes 1-500567 atau email ke pengaduan. [email protected],” tegasnya.

Baca juga : Sekolah Tatap Muka Jangan Modal Nekat

Kemenkes_ri menambahkan, masyarakat kini bisa memantau stok vaksin di daerah­nya melalui website vaksin.kemkes.go.id melalui menu Stock Vaksin. Dalam menu ini, masyarakat bisa mengontrol stok vaksin, baik di level provinsi maupun kabupaten/kota secara real-time.

“Data tersebut bisa dipakai sebagai dasar bagi Pemerintah untuk menetapkan alokasi vaksin ke daerah tersebut,” ujarnya.

Netizen sudah mengetahui program vaksin Covid-19 yang selama ini dikerjakan Pemerintah gratis. Namun banyak netizen men­geluhkan akses untuk mendapatkan vaksin susahnya minta ampun. Terutama, masyarakat yang tinggal di luar Pulau Jawa-Bali.

Baca juga : Lengah Sebentar Saja, Negara Maju Pun Langsung Menderita

“Vaksin itu gratis ya sahabat, kalau dipungut biaya laporkan saja, oke,” ujar @Ndukla2. “Vaksin Covid-19 memang gratis, tapi kok susah banget buat (mendapatkan) vaksin,” timpal @amelia.sitompul dengan me-mention @kemenkes_ri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.