BREAKING NEWS
 

Tercoreng Kasus Duren Tiga

PKP Ajak Publik Bantu Balikin Wibawa Polri

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Kamis, 25 Agustus 2022 07:35 WIB
Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Mayjen Mar (Purn) Yussuf Solichien. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM))

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Mayjen Mar (Purn) Yussuf Solichien prihatin dengan kondisi institusi Polri yang dipojokkan dan direndahkan belakangan ini, gegara kasus dugaan pembunuhan berencana yang menjerat petinggi Polri, Irjen Ferdy Sambo.

Menurutnya, jika sebuah institusi negara terkena musibah, publik semestinya mendukung penuh dan membantu agar institusi ini dapat segera melaksanakan tugas negaranya dengan lebih baik efektif dan efisien.

Baca juga : Pemuda Langkat Suarakan Ganjar Presiden 2024

“Jangan kita menghujat dan bahkan ingin mengecilkan arti, kewenangan, dan peran kenegaraannya,” kata mantan Komandan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI AL ini kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Adsense

Dikatakan, di alam demokrasi, hukum dan penegak hukum adalah pilar negara. Demokrasi mengakui kebebasan individu dan hak asasi manusia. Tetapi harus mengetahui batas, koridor hukum dan tanggung­jawabnya. Tanpa itu, akan terjadilah homo homini lupus. Seperti sekelompok serigala yang saling memangsa.

Baca juga : Rakyat Kembali Percaya Polri

“Ibarat pertandingan sepakbola tanpa aturan dan tanpa wasit. Pasti kacau balau. Nah, diperlukan hukum jelas dan tegas yang mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Ketua Umum Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ini menambahkan, hukum yang berlaku tidak akan berjalan dengan baik tanpa penegakan yang kuat, tegas dan berwibawa. Di sinilah peran Polri, Kejaksaan dan lembaga peradilan menjadi pilar dan kunci keberhasilan negara demokrasi.

Baca juga : KNPI: Pembunuhan Brigadir J Pintu Masuk Penataan Lembaga Polri

“Oleh karena itu, Polri sebagai salah satu pilar negara demokrasi harus dijaga muruah dan wibawanya sebagai garda terdepan dan andalan negara dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense