Dark/Light Mode

Satgassus Merah Putih Dibubarkan

Rakyat Kembali Percaya Polri

Senin, 15 Agustus 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Santoso. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi III DPR RI Santoso. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPR berharap pembubaran Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Merah Putih menjadi alat untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Polri. Namun, kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, tetap diusut tuntas.

Anggota Komisi III DPR Santoso meminta aparat menegakkan hukum berbagai kasus pidana di seputar kasus Brigadir J, salah satunya perjudian.

“Jangan sampai tindakan ini (pembubaran Satgassus) hanya shock therapy agar rakyat percaya kepada Polri pasca kasus tewasnya Brigadir Yosua yang menimbulkan kontroversi,” ujarnya, kemarin.

Baca juga : Mendagri Kenang Peristiwa Hotel Yamato

Santoso mengakui, keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit membubarkan Satgassus Merah Putih pimpinan Irjen Ferdy Sambo adalah tindakan berani. Sebab, Satgassus memang rentan ditunggangi oleh mafia, karena ditengarai menjadi mesin pengumpul dana dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Pembubaran Satgassus itu tindakan Kapolri melawan kemapanan di tubuh Polri yang bukan rahasia umum bagi publik,” tandas dia.

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menambahkan, keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membubarkan Satgassus sudah tepat.

Baca juga : Warisan Jenderal Tito Dibubarin

“Satgassus itu cenderung menjadi permanen, sifatnya bukan lagi ad hoc dan hanya buat satu tugas spesifik saja,” kata Arsul dalam keterangannya, kemarin.

Menurut Arsul, Satgassus selama ini menimbulkan kesan overlapping atau tumpang tindih dengan satuan kerja Polri lainnya.

Ini semacam shadow permanent working unit, sehingga menimbulkan overlapping dengan satker Polri karena punya tupoksi yang beririsan. Misalnya, Satgassus juga menangani kejahatan atau tindak pidana tertentu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.