BREAKING NEWS
 

Ini Rekomendasi Rakernas Partai Buruh

Ganjar Hingga Mahfud Diusulkan Jadi Capres-cawapres 2024

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Selasa, 17 Januari 2023 13:40 WIB
Konferensi pers Rakernas Partai Buruh, di Jakarta, Selasa (17/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Buruh merekomendasikan empat nama untuk dicalonkan sebagai calon presiden (capres) dan empat nama sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Empat nama capres tersebut adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Presiden Partai Buruh Said Iqbal, dan jurnalis Najwa Shihab.

"Ganjar mendapat dukungan 15 provinsi, Anies didukung 6 provinsi Said Iqbal 14 provinsi dan Najwa memperoleh dukungan 3 provinsi dari total 38 provinsi yang mengikuti Rakernas," papar Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam konferensi pers usai rakernas di Jakarta, Selasa (17/1).

Baca juga : Benahi Perekonomian, Airlangga Disebut Layak Jadi Presiden 2024

Dikatakan Said, Ganjar dan Anies adalah kandidat capres yang selama ini sudah beredar. Sedangkan dua nama lainnya adalah calon presiden alternatif.

Rakernas Partai Buruh juga merekomendasikan empat nama cawapres. Keempatnya yakni Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid (21 provinsi), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD (3 provinsi), Said Iqbal (7), dan Najwa Shihab (3).

Adsense

"Yang direkomendasikan empat itu. Meski ada nama Ketua Umum Serikat Petani Indonesia Hendri Saragih yang didukung 2 provinsi dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didukung 1 provinsi sebagai cawapres," tambah Said Iqbal.

Baca juga : PBB Dorong Yusril Ke Bursa Pilpres 2024?

Arsjad dan Mahfud, kata Iqbal memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai cawapres. Mahfud sosok yang terbuka dengan masukan kelompok masyarakat sipil termasuk elemen buruh. Sedangkan Arsjad, meski dia adalah pengusaha, dia pengusaha yang baik yang punya segudang pengalaman dan kerap memperjuangkan hak-hak buruh di Indonesia.

Ia mengatakan, Partai Buruh akan mengajukan judicial review untuk menghapus ketentuan presidential treshold 20 persen kursi DPR demi dapat mencalonkan dua calon alternatif.

"Karena calon alternatif hanya bisa (maju) kalau undang-undang presidential treshold dihapuskan menjadi 0 persen," tandas Iqbal.

Baca juga : Relawan Nilai Ganjar Tulus Jadi Capres Demi Majukan Indonesia

Keputusan final mengenai calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh Partai Buruh akan diputuskan melalui konvensi yang bakal digelar paling lambat Juli 2023 mendatang.

"Kita akan datang ke Pak Ganjar, kita akan datang ke Pak Anies, Pak Arsjad, Pak Mahfud, ini lho rekomendasi Partai Buruh, apakah Bapak-bapak, Ibu-ibu bersedia untuk mengikuti konvensi?" pungkas Iqbal. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense