BREAKING NEWS
 

Soal Kunjung Mengunjungi

Baiknya, Kode Diperjelas

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : SISWANTO
Sabtu, 4 Februari 2023 08:00 WIB
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (Foto: dok. PDIP).

 Sebelumnya 
"Bukan lantas secara spesifik kita mau ketemu Mega, tidak. Bahwa Partai NasDem Pak Surya juga dan kita semua saya kira harus dalam pikiran untuk membuka diri kepada siapapun tidak boleh ada politik blok yang keras, begitu loh," kata Sugeng, di lokasi yang sama, kemarin.

Jadi, lanjut dia, posisi NasDem bukan lantas memohon-mohon ingin bertemu Mega. Kata dia, pertemuan kedua tokoh itu alamiah saja. Tidak perlu harus kode-kodean yang njeli­met. Menurut dia, pertemuan kedua to­koh bisa menciptakan kondusifitas dan stabilitas. Ia mencontohkan bagaimana NasDem bertemu dengan Demokrat, PKS, Gerindra, dan Golkar.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai, hubungan NasDem dan PDIP memang sudah retak sejak pertengahan tahun lalu. Meski begitu, menurut Ujang, Paloh dan Mega masih ada kemungkinan untuk bertemu. Apa­lagi saat ini keduanya adalah parpol koalisi Jokowi. Pertemuan keduanya tak harus dalam agenda politik praktis. Kata dia, pertemuan para tokoh ini ini bisa menjadi suri tauladan bagi rakyat.

Baca juga : Telkom Dukung Pengembangan Desa Wisata Terintegrasi

"Sebagai petinggi republik, jangan sampai lah harus bermusuhan karena perbedaan pilihan. Kalau ada kere­takan komunikasi ya diperbaiki," kata Ujang, saat dikontak, kemarin

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi me­nilai hubungan NasDem dan PDIP saat ini masih memanas setelah NasDem mendeklarasikan Anies sebagai capres. Jadi, pertemuan kedua bos parpol ini be­lum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Menurut Burhan, NasDem dan PDIP yang belum melakukan penjajakan soal pilpres 2024. Melihat pilihan politik di 2024, Burhan menyebut koalisi kedua parpol rasanya sulit terjadi.

PKS Ketemu NasDem

Baca juga : Lomba Kicau Burung Orang Muda Ganjar Diramaikan Ratusan Peserta

Sementara, kemarin NasDem menerima kunjungan PKS di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta Pusat. Rombongan PKS dipimpin Wakil Ketua Dewan Syura PKS Sohibul Iman didampingi sejumlah elite partainya. Mereka tiba di NasDem Tower pukul 14:30 WIB.

Kedatangan mereka langsung disambut ceria Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, Ketua DPP NasDem Sug­eng Suparwoto, dan beberapa elite partai lainnya. Saat ditanya soal kunjungannya, Sohibul mengatakan, untuk silahturah­mi, mengingat kondisi kesehatan Ketua Umum NasDem Surya Paloh yang dikabarkan sedang tidak baik.

Sohibul juga mengatakan, PKS sepakat dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh untuk menjaga kekon­dusifan politik Tanah Air. Sebab, saat ini tensi politik tengah meningkat jelang gelaran Pemilu 2024.

Baca juga : Zul: Erick Banyak Fansnya

Hal senada dikatakan Willy. Per­temuan hanya silaturahmi saja. "Si­lahturahmi saja ngeteh-ngeteh sambil makan gorengan," kata Willy. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense