Dark/Light Mode

Semoga Kuota Haji Makin Banyak, Makin Pendek Antrean

Selasa, 10 Januari 2023 09:05 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah. (Foto: Dok. Kemenag).
Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah. (Foto: Dok. Kemenag).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah Haji 1444 H/2023 M. Kesepakatan tersebut ditandatangani Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah, Minggu (8/1).

Kemenag_ri mengunggah meme dua orang pria dan wanita yang mengena­kan pakaian ihram. Disebutkan, kouta haji Indonesia 2023 sebanyak 221.000. Rinciannya, jemaah reguler 203.320 dan jemaah khusus 17.680.

Kuota Haji

“Selain itu, tahun ini juga tidak ada pembatasan usia. Jadi jemaah di atas 65 tahun bisa diberangkatkan.

Baca juga : Cinta Laura, Makin Mesra Dengan Arya

Semoga berkah ya,” ujar Kemenag_ri dalam caption-nya.

Yaqut Cholil Qoumas mengucap al­hamdulillah misi haji 2023 dimulai.

“Saya hari ini menandatangani kes­epakatan haji dengan Menteri Haji Saudi dan kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah,” ujarnya dalam akun Twitternya @YaqutCQoumas.

Baca juga : Jaksa Baru Sita Yamaha Mio Milik Pemerkosa Santri Herry Wirawan

Akun @HudM3 juga mengucap syu­kur alhamdulillah atas capaikan kesepak­atan jumlah kuota haji tahun 2023. Dia juga yakin kuota haji tahun berikutnya ditambah lagi sebanyak 10 ribu jemaah. Semakin banyak kuota, semakin mem­perpendek antrean.

“Saat ini, kouta haji sudah normal 100 persen, karena tahun 2022 masih 50 persen. Semoga dapat memperpendek antrean,” kata @iidaklaw.

Akun @lukman09_aja juga bersyu­kur kuota haji sudah normal seperti sebelum pandemi Covid-19. Akun @Subkhielayusuf, semoga semuanya bisa berjalan dengan baik, aman, lancar dan diridhoi Allah SWT.

Baca juga : Gibran Bercanda, Anies Tertawa

“Semoga ke depannya semakin banyak kuota, sehingga antrean tidak terlalu lama dan puanjang,” harap @ihsanabu_slamet_tukijo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.