BREAKING NEWS
 

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Naik di Kalangan Milenial

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Senin, 27 Februari 2023 20:27 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah belakang) bersama kalangan milenial. (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sukses menarik hati banyak kalangan milenial. Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan Litbang Kompas, elektabilitas Prabowo baik sebesar 4 persen dibanding dengan survei pada Oktober 2022.

Survei terbaru Litbang Kompas tersebut digelar pada 25 Januari-4 Februari 2023. Survei ini melibatkan 1.202 responden dari 38 provinsi di Tanah Air. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka, dan sampel ditentukan secara acak melalui metode pencuplikan sistematis bertingkat. Tingkat kepercayaan survei ini mencapai 95 persen dan margin of error plus minus 2,83 persen.

Adsense

Baca juga : Survei Indostrategi: Prabowo Masih Di Atas Ganjar Dan Anies

Pada survei yang dilakukan Oktober 2022, elektabilitas Prabowo di kalangan generasi z sebesar 16,6 persen. Di survei terbaru, tingkat keterpilihan Prabowo di kalangan milenial naik 4 persen. "Prabowo Subianto dengan 20,6 persen," kata peneliti Litbang Kompas Arita Nugraheni.

Jika dibandingkan dengan hasil survei yang dilakukan pada Januari 2022, kenaikan elektabilitas Prabowo di kalangan milenial lebih besar lagi. "Januari 2022 (elektabilitas Prabowo di generasi z) yaitu sebesar 13,9 persen," kata Arita.

Baca juga : Elektabilitas Ridwan Kamil Dongkrak Suara Golkar Di Kalangan Pemilih Muda

Kenaikan serupa juga terjadi di Gerindra. Dalam survei terbaru, elektabilitas Gerindra di kalangan generasi z mencapai 17,1 persen atau naik 3,2 persen dibanding hasil survei sebelumnya.

"Kenaikan ini selaras dengan dinamika yang terjadi pada aspek ketokohan, yaitu Prabowo Subianto sebagai ketua umum partai turut mendulang suara yang signifikan," jelas Arita.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense