Dark/Light Mode

Analisa Pengamat Soal Naiknya Elektabilitas Prabowo di Litbang Kompas dan Survei Lainnya

Rabu, 22 Februari 2023 23:52 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Instagram Prabowo)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus naik dan mengungguli nama lainnya, seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam beberapa survei yang dirilis baru-baru ini. Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, naiknya elektabilitas Prabowo dikarenakan pergerakan Ketum Partai Gerindra tersebut sudah berjalan dengan sangat baik.

“Prabowo melakukan silaturahmi ke banyak tokoh. Sosialisasinya jalan, maka itu menjadi faktor yang membuat elektabilitasnya meningkat,” ungkapnya, Rabu (22/2).

Baca juga : Di Atas Langit Masih Ada Langit

Menurut Ujang, untuk dapat mempertahankan elektabilitasnya, secara konsisten Prabowo perlu menjaga silaturahminya ke berbagai kalangan masyarakat. “Jadi atas bawah harus silaturahmi digas pol. Apabila silaturahmi itu bisa mendukung. Intinya harus konsisten untuk menemui kalangan atas, ulama, dan rakyat secara konsisten dan masif,” lanjutnya.

Survei Litbang Kompas yang dirilis Selasa (21/2) memperlihatkan, elektabilitas Prabowo sebagai calon presiden (capres) berada di angka 18,1 persen. Angka ini naik dibandingkan dengan survei yang dilakukan Litbang Kompas pada Oktober 2022.

Baca juga : SPIN: Elektabilitas Prabowo Masih Unggul, Ganjar-Anies Selisih Tipis

Survei berbeda dari Polstat menunjukkan, elektabilitas Prabowo kokoh di posisi teratas capres 2024 pada Februari 2023. Tingkat keterpilihan Ketua Umum Partai Gerindra itu mencapai 33 persen. Di bawah Prabowo, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersaing ketat. Ganjar memperoleh 20,6 persen dan Anies 19,4 persen.

Kemudian, survei Populi Center yang dirilis Senin (20/2) mengungkap, Prabowo tokoh paling dikenal atau populer, dengan persentase 93,2 persen. Disusul dengan Anies 82,6 persen, Sandiaga Uno 78 persen, Ridwan Kamil 75,9 persen, dan Ganjar 75,7 persen.

Baca juga : Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Masih Unggul

Lalu, pada kategori tokoh yang dikenal dan disukai, persentase Prabowo juga mengalami kenaikan. Pada Oktober lalu, Prabowo mendapatkan 78,1 persen. Sedangkan per Februari 2023 ini angka tersebut naik menjadi 80,5 persen.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.