BREAKING NEWS
 

Srikandi Golkar Sosialisasi Tanam Hidroponik Di Masa Pandemi

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Jumat, 10 Juli 2020 19:47 WIB
Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) mengajak masyarakat bercocok tanam hiroponic

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) mengajak masyarakat untuk terus berinovasi di tengah pandemi Covid-19. 

Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah bercocok tanam dengan cara hidroponik untuk bisa menghasilkan sayur-mayur dan kebutuhan lainnya.

Hal itu disampaikan Ketua Umum IIPG,  Yanti Airlangga Hartarto saat melaunching KitaGo (Koperasi Ikatan Istri Partai Golkar) di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (10/07). 

Launching KitaGo juga bersamaan dengan peringatan Hari Bercocok Tanam dan Hari Jahit dan Sepatu.

Baca juga : Omnibus Law Bisa Bangkitkan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid

"Saat ini masih banyak masyarakat yang khawatir untuk ke pasar membeli sayur-mayur, maka dengan menanam tanaman hidroponik yang bisa dilakukan dengan mudah di lahan sempit dan menghasilkan tanaman sayur mayur yang sehat pula,” ujarnya.

Menurut Yanti, di masa pandemi masyarakat diharapkan bisa tetap beraktivitas dan melakukan kegiatan bermanfaat.

“Kita harus selalu cari jalan dan inovasi dalam upaya memanfaatkan apa yang ada di lingkungan. Kita tidak bisa diam saja di masa pandemi corona ini,” katanya.

Adsense

IIPG juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara bercocok tanam dengan cara hidroponik untuk bisa menghasilkan sayur mayur dan kebutuhan lainnya.

Baca juga : Graha Mitra 46 dan BZ Group Gelar Simulasi Pernikahan New Normal

"Kalau kita kerjakan sendiri tentu hasilnya baik. Memang kelihatan mahal tapi sebenarnya semua menggunakan dengan biaya murah. Tapi yang terpenting dalam masa pandemi ini masih bisa beraktivitas. Salah satunya, adalah pengembangan budi daya tanaman dengan sistem hidroponik ini,” jelasnya. 

Yanti mengapresiasi inisiatif IIPG untuk mengaktifkan kembali perkoperasian dan UKM di lingkungan Partai Golkar.

Ia berharap IIPG dapat terus membantu dan memberdayakan komunitas-komunitas yang ada, agar ekonomi dapat terus bergerak dari mulai lingkungan terkecil. Karena merekalah penyangga ekonomi masyarakat. 

“Gerakan ini merupakan bentuk solidaritas Partai Golkar, bahwa penting bagi kita semua untuk terus berbagi agar bersama-sama dapat segera keluar dari situasi krisis ini,” tuturnya.

Baca juga : DPR Bakal Fasilitasi Petani Tembakau Dialog Cukai Dengan Pemerintah

Di tempat sama, Ketua Bidang Koperasi dan UKM IIPG, Dinny Bambang Wiyogo menyebutkan,  kegiatan ini mengunakan prinsip 4M yakni mengedukasi, memanfaatkan, memberdayakan dan menciptakan.

“Kita perlu mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan, serta memberdayakan lingkungan sekitar, sehingga bisa menciptakan sesuatu yang bermanfaat. Itu ada pada prinsip 4 M yang kami gunakan dalam membangun Koperasi dan UKM,” paparnya.

Target kegiatan pemberdayaan yang dilakukan IIPG adalah agar masyarakat dapat bertahan dalam pandemi.

“Targetnya, supaya bisa memberdayakan mereka, karena di masa pandemi saat ini masyarakat mengalami kesulitan. Apalagi seperti tukang jahit dan tukang sol sepatu yang mengalami kesulitan dalam memperjuangkan ekonomi keluarga mereka yang selama pandemi ini kan penghasilan mereka menurun drastis,” tutupnya. [NOV]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense