Dark/Light Mode

Proses Kaderisasi Golkar Kota Bekasi Dikhawatirkan Mandek

Senin, 6 Juli 2020 20:31 WIB
Ketua DPD Partai Golkar Kota Bekasi, Rahmat Effendi. (Foto : Istimewa)
Ketua DPD Partai Golkar Kota Bekasi, Rahmat Effendi. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar kembali dicalonkannya Rahmat Effendi sebagai Ketua DPD Golkar Kota Bekasi periode 2020-2024 menunjukkan proses kaderisasi Partai Golkar di Kota Bekasi stagnan alias mandek. Dikhawatirkan mempengaruhi perolehan suara Golkar di Kota Bekasi.

Hal itu diungkapkan pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Muhtar Sadili.

 “Golkar Kota Bekasi harus mampu melakukan penyegaran, baik personal maupun cara berfikir, agar perolehan suara lebih baik dari pileg 2019 dan tidak stagnan. Penurunan perolehan suara di pileg 2019 harus menjadi peringatan untuk memberikan kesempatan kader muda memimpin,” ungkap Muhtar kepada rmco.id, Senin (6/7).

Baca juga : Komisaris Pertamina Patra Niaga Dipastikan Tidak Rangkap Jabatan

Dia menyarankan, Rahmat Effendi yang juga Walikota Kota Bekasi cukup menjadi tokoh senior bagi Kader Golkar Kota Bekasi, dan meninggalkan citra yang baik sebagai walikota Bekasi.

Dalam tubuh partai, jelasnya, harus ada regenerasi yang matang agar estafet kepemimpinan Golkar terjadi. Golkar adalah partai yang bisa bertahan karena rekruitmen kepemimpinannya demokratis.

"Jika partai disandera oleh satu tokoh maka Golkar akan kembali ke zaman batu, yang kemungkinan menebarkan batu kerikil yang menghambat motor pergerakan partai. Ini harus dipikirkan matang-matang oleh setiap kader Golkar di daerah," pintanya.

Baca juga : Tito Perintahkan Pemda Segera Dicairkan Dana Pilkada 

Muhtar mengingatkan pengalaman Golkar meraih suara terbesar 2004 karena kepemimpinan segar sesuai mekanisme pengkaderan, padahal waktu itu Golkar baru lepas dari jerat intimidasu pasca rontoknya rezim orde baru.

"Jangan mencoba lagu lama yang tidak enak didengar, modernisasi partai politik sudah niscaya. Politik kartel sudah saatnya disimpan di karpet merah, jangan sampai putus asa pada pembaharuan regenerasi kepemimpinan," pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah kader muda dan sayap pendiri Partai Golkar mengadakan kegiatan deklarasi dukungan terhadap Rahmat Effendi untuk kembali memimpin DPD Partai Golkar Kota Bekasi.

Baca juga : Bersepeda Ala Kapten Persija, Pakai Mountain Bike ke Tempat yang Sulit Dilewati

Hadir dalam acara tersebut, Generasi Muda (GEMA) MKGR Kota Bekasi, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kota Bekasi dan sejumlah kader muda lainnya.

Inisiator kegiatan deklarasi, Tarsono Iday mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan dukungan kepada Rahmat Effendi kembali menjadi Ketua DPD Partai Golkar Kota Bekasi.

“Kami satukan suara dan satukan dukungan. Kader Muda Golkar Kota Bekasi masih berharap agar Bapak Rahmat Effendi kembali memimpin Partai Golkar. Sebab kami masih membutuhkan sosok beliau untuk memimpin Partai Golkar. Dan inilah cara kami dalam mendukung bapak Rahmat Effendi,” ujar Iday disela deklarasi di Hutan Kota Bekasi, Sabtu (4/7). [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.