BREAKING NEWS
 

Hormati KPK Tetapkan Mensos Jadi Tersangka, PDIP: Hukum Adalah Jalan Peradaban

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Minggu, 6 Desember 2020 08:50 WIB
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memastikan, partainya menghormati proses hukum yang sedang dijalankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). PDIP mendukung langkah KPK dalam menegakkan keadilan dan kebenaran.

“Partai menghormati seluruh proses hukum yang sedang berlangsung. Hukum adalah jalan peradaban untuk menegakkan keadilan dan kebenaran. Siapa pun wajib bekerja sama dengan upaya yang dilakukan oleh KPK tersebut,” ucap Hasto, dalam keterangan yang diterima RMco.id, Minggu (6/12).

Adsense

Baca juga : Ini Konstruksi Perkara Yang Jerat Mensos Juliari Jadi Tersangka Korupsi Bansos

Pernyataan Hasto ini muncul terkait dengan penetapan tersangka Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara dalam kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19. Hasto menegaskan, partainya secara terus menerus mengingatkan para kadernya untuk selalu menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kekuasaan, apalagi melakukan korupsi. 

“Kami selalu tegaskan bahwa kekuasaan itu untuk rakyat. Partai melarang segala bentuk penyalahgunaan kekuasaan, termasuk korupsi. Kalau sudah menyangkut hal tersebut, Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati, selalu memberikan arahan kepada kadernya yang punya jabatan politik, untuk tidak melakukan penyalahgunaan kekuasan, tidak korupsi. Tertib hukum adalah wajib bagi wajah pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi," ucapnya.

Baca juga : Juliari, Kader Keempat PDIP Yang Jadi Tersangka KPK Hasil OTT Beruntun Sepekan Ini

Hasto menambahkan, pihaknya tak pernah berhenti menanamkan sikap antikorupsi. Dalam berbagai kesempatan, termasuk Sekolah Partai bagi Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah, serta dalam forum resmi partai seperti Rakernas, sikap antikorupsi selalu ditanamkan. “Dalam tiga kali Sekolah Calon Kepala Daerah terakhir, PDI Perjuangan selalu mengundang pembicara dari KPK terkait pentingnya membangun kesadaran dan semangat antikorupsi tersebut,” jelasnya.

PDIP, lanjut Hasto, mengambil pelajaran yang sangat berharga dari berbagai peristiwa Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kementerian Sosial. PDIP pun akan terus membangun sistem pencegahan korupsi secara sistemik dan dengan penegakan disiplin agar berbagai kejadian yang ada benar-benar menciptakan efek jera. “Seluruh anggota dan kader partai agar benar-benar mengambil pelajaran dari apa yang terjadi,” tutupnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense