BREAKING NEWS
 

Elektabilitasnya Meroket

Demokrat Pede Didukung Rakyat

Reporter : BOY SAKTI HAPSORO
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Minggu, 23 Mei 2021 07:09 WIB
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra (Kanan) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat menyambut baik hasil survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), yang memposisikan sebagai partai dengan elektabilitas di peringkat tiga. Perolehan ini diklaim menjadi bukti kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didukung rakyat.

“Ini membuktikan dukungan publik kepada partai pimpinan Ketum AHY,” ujar Kepala Badan Komunikasi Strategis Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra kepada Rakyat Merdeka, kemarin. Dijelaskan, hasil survei ini menandakan elektabilitas Demokrat terus meroket sekalipun partainya sempat digoyang Kongres Luar Biasa (KLB) yang diklaimnya dari kelompok eksternal.

Naiknya elektabilitas pasca polemik ini menjadi sinyal, bahwa rakyat mendukung AHY. “Ini memberikan sinyal kepada para oknum kekuasaan dan perusak demokrasi agar tidak melakukan abuse of power kepada parpol maupun organisasi politik maupun massa lainnya,” tegasnya.

Politisi jebolan Universitas Indonesia (UI) menilai, publik saat ini mendukung siapapun yang dizalimi dan menentang siapapun yang mencoba menggerogoti nilai-nilai demokrasi. “Meskipun punya kuasa, bukan berarti bebas berlaku tanpa mempedulikan etika, norma, dan aturan,” sindirnya.

Baca juga : Demokrat: Ini Hasil Kerja Nyata Berkoalisi Dengan Rakyat

Dikatakan, tren positif ini juga menegaskan, publik butuh parpol yang benar-benar melakukan kerja nyata untuk rakyat. Bukan sekadar janji di atas ingkar. Demokrat di bawah komando AHY tidak berhenti bekerja untuk rakyat, baik di parlemen maupun akar rumput.

Menurutnya, beragam aksi nyata Demokrat terus dilakukan. Mulai dari membantu rakyat melawan virus asal Wuhan, bencana alam, hingga beragam problematika rakyat. Buah kerja keras ini adalah dukungan rakyat. “Jalan yang kami tempuh saat ini yaitu ‘Demokrat Berkoalisi Dengan Rakyat’ sudah tepat,” ucapnya bangga.

Adsense

Selain itu, kata dia, hasil survei itu juga menandakan kalau publik saat ini membutuhkan sosok pemimpin alternatif. Baginya, sebagian publik merasa kondisi saat ini tidak sesuai harapan masyarakat.

Diungkapkan, Partai Demokrat dan AHY selaku Ketum bisa menjadi harapan baru di tengah situasi yang dianggapnya penuh ketidakpastian. Untuk itu, Partai Demokrat dipastikan selalu bersama rakyat untuk memberikan solusi atas beragam permasalahan. “Semoga kami dapat menjaga asa publik ini hingga 2024, dan mendapatkan kembali kepercayaan untuk ikut menata negeri ini dalam pemerintahan,” katanya.

Baca juga : Dinkes Depok Catat 742 Pemudik Dites Antigen, 10 Reaktif

Bagi Herzaky, kepercayaan ini adalah tanggung jawab besar yang harus diemban. Sekaligus menjadi motivasi untuk terus melanjutkan kerja-kerja nyata di tengah masyarakat.

Seperti diketahui, survei terbaru ARSC merilis survei terkini menjelang Pemilu 2024. Hasilnya, PDIP berada di posisi puncak dengan 19,60 persen, Gerindra 15,03 persen, Demokrat 14,80 persen, Golkar 10,40 persen dan PKS 9,10 persen.

Peneliti ARSC, Bagus Balghi menilai, masuknya Partai Demokrat di posisi tiga besar adalah sebuah kejutan. Partai berlambang bintang Mercy ini meroket setelah isu kudeta Ketum AHY menggeliat. Peristiwa ini membuat pamor AHY dan partainya meroket.

“Naiknya pamor Partai Demokrat di survey, diduga tidak lepas dari penetrasi pemberitaan terkait dinamika internal Partai Demokrat, khususnya munculnya KLB yang meramaikan perbincangan di publik,” ujar Bagus, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Prancis Larang Demo Dukung Palestina

Survei ini mengambil sampel via telepon terhadap 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi. Adapun margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Proses pengumpulan data dilaksanakan dari 26 April-8 Mei 2021. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense