BREAKING NEWS
 

Kalkulasi Politik Pilkada Bone 2024

Petahana Tak Nyalon Lagi, Calon Tunggal Bakal Nihil

Reporter & Editor :
APRIANTO
Jumat, 8 Oktober 2021 07:05 WIB
Ilustrasi Pilkada Bone 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konstelasi politik di Pemilihan Bupati (Pilbup) Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024 mulai menggeliat. Petahana sudah tidak maju lagi. Banyak kandidat baru muncul. Bahkan diprediksi, calon tunggal tidak akan muncul di Pilkada Bone 2024.

Demikian kalkulasi politik yang disampaikan Manager Strategi Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam, kemarin.

Dia menilai, kontestasi Pilkada Bone 2024 akan berlangsung dinamis, seru dan bakal memunculkan muka lama dan baru. Pasalnya, Bupati saat ini (petahana), Andi Fahsar Padjalangi tak bisa maju lagi.

Baca juga : Komisi XI DPR Puji Kompetensi Calon Anggota BPK Nyoman Adhi

Situasi ini membuka ruang lebar bagi hadirnya banyak figur pendatang baru untuk ikut proses kandidasi di Pilkada Bone 2024. Nama-nama yang bermunculan saat ini merupakan figur yang memiliki prospek elektoral baik untuk maju bertarung. Sebagian besar dari mereka sudah punya pengalaman bertarung baik di even Pileg ataupun di Pilkada.

“Ini akan cukup membantu dalam melakukan kalkulasi politik untuk menatap kontestasi elektoral Pilkada 2024,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut Nursandy, wajah-wajah baru dari kalangan birokrat juga dinilai sangat berpotensi tampil sebagai kontestan Pilkada Bone 2024. Misalnya Andi Promal Pawi. Bahkan, Andi Syamsiar Halid tidak menutup kemungkinan maju di Pemilihan Bupati (Pilbup) Bone 2024.

Baca juga : Integrasi Posyandu Untuk Tingkatkan Pelayanan Praktis Bagi Warga Desa

“Pada Pilkada 2018 lalu hanya diikuti pasangan calon (paslon) tunggal. Tapi, Pilkada 2024 ini, diprediksi nihil calon tunggal dan sangat kecil kemungkinannya akan terulang lagi,” tegasnya.

Adsense

Sementara Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir mengatakan, Pilkada Bone 2024 akan menjadi pertarungan antara anggota DPR dari Golkar Andi Rio Padjalangi, anggota DPR dari PKS Andi Akmal Pasluddin.

Kemudian, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulsel Andi Sumardi Sulaiman, Direktur Perseroda Sulsel H Yasir Mahmud dan Kepala Dinas Pariwisata Bone Andi Promal Pawi.

Baca juga : Ester Nurumi Kalahkan Gregoria Di Tunggal Putri

“Figur-figur di atas memiliki kans maju di Pilkada Bone 2024. Jika dikerucutkan tiga nama, maka yang berpotensi maju adalah Andi Rio, Andi Sumardi dan Andi Akmal. Sedangkan Yasir Mahmud kuat jika berpasangan Andi Sumardi Sulaiman,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense