BREAKING NEWS
 

Piala AFF 2020

Sikat Malaysia 4-1, Timnas Indonesia Juara Grup B

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Minggu, 19 Desember 2021 21:44 WIB
Irfan Jaya dan Arhan merayakan gol. (Foto: Piala AFF)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil menjadi juara Grup B Piala AFF 2020 usai mampu menyikat Malaysia 4-1 di pertandingan pamungkas fase grup yang berakhir pada Minggu (19/12) malam WIB. 

Empat gol kemenangan skuad Garuda dipersembahkan oleh dua gol Irfan Jaya (36 dan 43) Pratam Arhan ( 50) dan Elkan Baggott ( 82) yang berhasil mencetak gol perdana untuk Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sendiri berhasil menjadi juara Grup B Piala AFF 2020 karena di laga lainnya Vietnam hanya mampu menang 4-0 atas Kamboja.

Meski sama-sama mengoleksi 10 poin, Timnas Indonesia unggul dalam hal produktivitas gol. Dengan begitu, Timnas Indonesia akan berjumpa Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

Sementara Vietnam akan menantang Thailand untuk bisa melaju ke partai puncak kompetisi sepakbola terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Baca juga : Pelatih Bali United Minta Tiga Pemainnya Jaga Timnas Nggak Kebobolan

Kedua tim menerapkan tempo tinggi sejak menit pertama. Karena harus menang Indonesia tampil lebih menekan. Indonesia menciptakan peluang pada menit kedua lewat Pratama Arhan setelah melepaskan tembakan keras yang masih menyamping tipis di sisi kiri gawang. 

Sebaliknya Malaysia bukan tanpa peluang. Serangan balik Malaysia beberapa kali membuat pertahanan skuad Garuda bekerja keras menghalau gempuran lawan.  

Merah Putih harus tertinggal di menit 13. Bermula dari sapuan bola tak sempurna dari Irfan Jaya diambil oleh Kogileswaran Raj yang langsung melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti yang menghujam deras gawang Indonesia tanpa mampu dihalangi Nadeo Argawinata.

&

Adsense

 

Baca juga : STY Kagumi Mental Petarung Skuad Garuda

Tim Merah Putih langsung meningkatkan serangan usai tertinggal. Namun, lini pertahanan Malaysia masih bisa meredam tekanan skuad Garuda.

Indonesia kembali mendapat peluang di menit 23. Witan Sulaeman menembus kotak penalti lawan namun tembakannya masih lemah dan mudah diamankan Khairul Fahmi.

Memasuki menit ke-25, Timnas Indonesia terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Berkali-kali anak asuh Shin Tae-yong menebar ancaman di depan gawang Khairul Fahmi, namun belum ada gol yang tercipta untuk Timnas Indonesia hingga menit ke-30.

Baru pada gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Gol tersebut tercipta pada menit ke-36,  lewat kaki Irfan Jaya (36’). Irfan berhasil memanfaatkan umpan manis Witan Sulaiman dari sisi kanan, kedudukan sementara 1-1.

Dua menit sebelum turun minum, Irfan Jaya (43’) kembali menunjukkan tajinya. Tendangan Pratama Arhan berhasil dihalau bek Timnas Malaysia. Namun, Irfan berhasil memanfaatkan bola liar di depan gawang, Timnas Indonesia unggul 2-1.

Baca juga : Dihajar Kamboja 0-3, Timnas Laos Pulang Tanpa Poin

Pada akhirnya, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga akhir babak pertama. Timnas Indonesia berhasil tampil digdaya dengan unggul 2-1 atas Malaysia.

Memasuki babak kedua Indonesia kembali tampil menekan. Gol yang dinanti pun baru datang pada menit 50 lewat aksi Pratama Arhan. Pratama mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan dari Irfan Jaya.

Unggul 3-1 tak membuat Timnas Indonesia merasa puas. Serangan terus dilakukan dan skor pun bertambah di menit ke-82. Adalah Elkan Baggott yang berhasil menyempurnakan kemenangan Timnas Indonesia menjadi 4-1.

Baggott sukses menyundul umpan sepak pojok dari Evan Dimas yang baru masuk di pertengahan babak kedua. Skor 4-1 itu pun bertahan hingga laga berakhir. Timnas Indonesia berhak lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B.[WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense