BREAKING NEWS
 

Menpora: DBON Akan Tercapai Jika Dilakukan Secara Konsisten

Reporter & Editor :
SAIFUL BAHRI
Kamis, 20 Oktober 2022 14:50 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali mengingatkan semua pihak terkait dalam implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Menpora Amali bilang DBON akan tercapai jika dilakukan secara konsisten.

Demikian disampaikan Menpora Amali dalam rapat koordinasi implementasi DBON di Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (19/10). Seluruh kementerian yang menjadi bagian dari struktur DBON hadir dalam pertemuan ini. 

"Jadi Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON ini akan tercapai jika kita melakukannya secara konsisten. Target besarnya adalah Olimpiade," kata Menpora Amali. 

Baca juga : Pelindo Garap Lagi Terminal Kalibaru, Ini Permintaan Pengusaha Logistik

Menpora Amali menyampaikan, peta jalan tahap pertama yakni 2021-2024 difokuskan kepada pembangunan fondasi penyelenggaraan DBON melalui penguatan regulasi, penyusunan norma, standar, prosedur hingga kriteria. 

"Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan partisipasi dan kebugaran masyarakat. Kemudian penyelenggaraan festival dan kompetisi olahraga secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional," ujar Menpora Amali. 

Adsense

Disamping itu, Menpora Amali menyampaikan harus juga tersedianya tenaga keolahragaan yang berkualitas. Selanjutnya adalah tata kelola pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional harus sistematis, sinergi dan akuntabel. 

Baca juga : Kominfo Bagikan Tips Bikin Konten Viral

"Sinergitas kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder terkait harus dilakukan dalam mendukung pembinaan dan pengembangan olahraga," pungkas Menpora Amali.

"Sepuluh sentra tersebut adalah hasil dari penilaian tim pakar. Akhirnya diputuskan lah di sepuluh daerah itu," terang Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali menuturkan sentra pembinaan atlet akan terpusat di perguruan tinggi. Sebab, fasilitas olahraga di kampus dinilai mumpuni. 

Baca juga : Menpora Mau Gelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda Di IKN Nusantara

"Sentra kita kaitkan di perguruan tinggi, yang terutama ada fakultas olahraganya karena supaya anak-anak yang berlatih itu terjaga dan pengawasan terhadap mereka terpantau," kata Menpora Amali.

"Jadi pelajar SMP itu direkrut dan dibina. Mereka juga bahkan diawasi oleh tim pelatih, dokter, diawasi sama psikolog. Disamping berlatih, pendidikan mereka tidak terlantar. Semuanya dibiayai oleh pemerintah, jadi mereka berlatih dan belajar, bahkan juga mendapatkan uang saku," jelas Menpora Amali.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense