BREAKING NEWS
 

Pemerintah Berkomitmen Dukung Industri Esports Nasional

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Selasa, 14 September 2021 22:19 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam jumpa pers penyelenggaran Piala Presiden Esports Nasional 2021, yang digelar secara daring pada Selasa (14/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menegaskan komitmen dan dukungannya untuk terus memajukan ekosistem dan industri Esports Nasional.

Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut, dalam waktu dekat, Piala Presiden Esports (PPE) 2021 siap untuk digelar. Tahun ketiga penyelenggaraan turnamen olahraga elektronik kasta tertinggi di Tanah Air yang digagas Presiden Joko Widodo ini akan mengusung tema dan pesan khusus #BanggaEsportsIndonesia.

Kepastian penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 ini disampaikan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam jumpa pers yang digelar secara daring pada Selasa (14/9).

Baca juga : Inilah Perpustakaan Desa/Kelurahan Dan Perpustakaan Sekolah Terbaik Nasional

 Moeldoko mengatakan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 diarahkan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Bangsa Indonesia menjadi pemimpin esports di kawasan regional asia bahkan dunia.

“Indonesia harus siap untuk menjadi leader dalam dunia esports, baik di kawasan regional maupun internasional. Kita memiliki potensi yang luar biasa besar dari sisi sumber daya generasi muda, ekosistem keolahragaan, dan juga industri Esports," ujar Moeldoko.

Ia menambahkan hal Ini yang akan terus kita dorong dan wujudkan melalui penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 yang akan dimulai pada bulan Oktober nanti. "Kita bangga dan yakin bahwa esports Indonesia akan mampu menjadi yang terbaik,” ungkap Moeldoko.

Baca juga : Lestari Dukung Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional

Salah satu upaya dan bukti keseriusan ini antara lain dilakukan dengan menambah jumlah dan peran kementerian serta lembaga yang terlibat dalam Piala Presiden Esports 2021, yang terdiri dari; Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Lalu Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan PB Esports Indonesia (PBESI).

Moeldoko menjelaskan, peningkatan jumlah kementerian dan lembaga tersebut tentu dibarengi dengan target capaian yang lebih baik dan kontribusi pemanfaatan esports dalam berbagai aspek yang lebih luas.

Baca juga : 114 Kabupaten Komitmen Dukung Kelanjutan Program Pamsimas

 “Salah satu aspek yang perlu digarisbawahi adalah pentingnya mendorong esports menjadi lokomotif yang mampu membangkitkan sektor ekonomi kreatif melalui sports tourism," ujarnya.

Lebih lanjjut Moeldoko mengatakan Esports sebagai industri olahraga dengan valuasi yang tinggi dan jaringan yang besar, bisa menjadi stimulus untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terdampak pandemi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense