Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Adkasi Gelar Silatnas Perkuat Ideologi Pancasila

Minggu, 23 Juni 2019 19:09 WIB
Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka di acara silaturahmi nasional (silatnas) dan lokakarya Adkasi di Hotel Redtop Pecenongan Jakarta Pusat Sabtu (22/6).
Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka di acara silaturahmi nasional (silatnas) dan lokakarya Adkasi di Hotel Redtop Pecenongan Jakarta Pusat Sabtu (22/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi DPRD Kabubaten Seluruh Indonesia (Adkasi) menggelar Silaturahmi Nasional (silatnas) dan Lokakarya di Hotel Redtop Pecenongan Jakarta, Sabtu (22/6).


Acara yang bertema 'Membumikan Pancasila Merajut Kembali Persaudaraan Pasca Pemilu 2019 Dengan Membangun Indonesia dari Daerah' ini dihadiri oleh Rokhmin Dahuri, Hamka Haq, Romo Beny Soesetyo, Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri Syafruddin, dan Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Asosiasi DPRD Kabubaten Seluruh Indonesia (Adkasi) Lukman Said mendorong agar Garis-garis Besar Haluan Ideologi Pancasila(GBHIP) sebagai pedoman untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kembali diperkuat.  

Baca juga : Anak, Wujud Persatuan Indonesia dan Malaysia

Hal itu diserukan Lukman di acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan Lokakarya di Hotel Redtop Pecenongan Jakarta.Dalam keterangan tertulisnya kepada RMco.id Lukman mengatakan, acara Silatnas dan Lokakarya ini menjadi ajang urun rembuk pemikiran bagi penguatan anggota DPRD kabupaten dalam membumikan Pancasila dengan membangun Indonesia dari daerah, sekaligus sebagai wadah untuk merajut kembali persaudaraan.

"Kami merumuskan GBHIP sebagai panduan dalam penyusunan rencana pembangunan nasional diperkuat, serta membumikan Pancasila dalam membangun Indonesia dari daerah, sekaligus sebagai wadah untuk merajut kembali persaudaraan pasca pemilu serentak," ujar Lukman.

Di sana, Adkasi juga memberikan masukan kepada negara terkait evaluasi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, beserta implementasinya pada Pemilihan Umum 2019.

Baca juga : Celaka, 3 Persen TNI Nolak Pancasila

Karena itu, Lukman mengharapkan hasil silatnas ini bisa menjadi rekomendasi, dan akan diserahkan kepada Presiden Jokowi. Adapun rekomendasi tersebut, yaitu membangun kekuatan untuk mengembangkan potensi daerah, mengembangkan teknologi tepat guna bagi daerah-daerah dengan membuat perencanaan sesuai kebutuhan dan potensi daerah.

Sementara Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka menambahkan,  Pancasila sebagai ideologi harus diaktualisasikan dengan menjaga persatuan antar daerah.

"Jangan sampai terjadi kesenjangan diskriminasi antar daerah. Kebijakan-kebijakan daerah yang dibangun harus  menguatkan ekonomi daerah untuk Indonesia yang lebih baik sehingga tercipta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tandasnya.[FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.