Dark/Light Mode

74 Indonesia Merdeka, Ini Pesan Ki Kusumo

Sabtu, 17 Agustus 2019 16:14 WIB
Ki Kusumo (Foto: Istimewa)
Ki Kusumo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Indonesia merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan. Berbagai kemeriahan mewarnai gegap gempita kemerdekaan di perbagai pelosok Tanah Air. 

Ketua Umum Komando Pejuang Merah Putih (KPMP), Ki Kusumo, memaknai kemerdekaan ini dengan cara berbeda. Menurutnya, setiap 17 Agustus bangsa ini bergandengan tangan mendengarkan kembali memori proklamasi.

Baca juga : Meriahkan Hari Kemerdekaan, KAI Gratiskan Kereta Api Lokal

Tidak sekadar itu, Ki Kusumo mengajak kita merenungi kembali semangat pahlawan yang gagah berani dan menysukuri semua yang ada di ibu pertiwi.

"Tapi jika hari ini dilewati dengan caci maki, dijalani dengan hati yang dengki, dan kemudian menjadi sebuah tragedi, semua yang para pahlawan lakukan menjadi tidak berarti," tegasnya, Sabtu (17/8).

Baca juga : Panas Bumi Indonesia Ternyata Terbesar Kedua Dunia

Produser sekaligus pemain film Jangan Menangis Sinar ini mengingatkan, walaupun kita berbeda agama, berbeda suku, berbeda ras, dan berbeda keyakinan, tapi kita tetap bersaudara.

"Karena kita hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang harus kita jaga sampai mati, NKRI harga mati," jelas Ki Kusumo.

Baca juga : Jokowi Minta Indonesia Lebih Futuristik Saat Ikuti Dubai Expo 2020

"Ini tempat beta tinggal. Tempat saya, tempat kalian membuka mata. Ini tempat berlindung kita semua, sampai hari tua, bahkan nanti kelak menutup mata," sambungnya.

Oleh sebab itu, melaui KPMP, Ki Kusumo menyatakan sikap, mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. "Dan mendukung penuh pemerintahan yang sah sejak awal sampai akhir. KPMP akan terus menjaga NKRI, KPMP akan terus berjuang melawan tirani, KPMP akan terus melindungi ibu pertiwi, tanpa melihat apa agamamu, apa keyakinanmu, apa sukumu, dan apa pilihan politikmu," pungkas Ki Kusumo. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.